Perempuan bekerja dalam perspektif filsafat Murtadha Muthahhari di Kampung Cibangkonol RT. 02 RW. 06 Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung

Hasanah, Pratiwi Nurul (2022) Perempuan bekerja dalam perspektif filsafat Murtadha Muthahhari di Kampung Cibangkonol RT. 02 RW. 06 Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy

Abstract

Perempuan sejatinya adalah seorang manusia yang memiliki peran penting sama dengan peran laki-laki bagi setiap kehidupan, salah satunya dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam pandangan masyarakat umum, seringkali perempuan diposisikan berada di bawah laki-laki, baik sebelum berumah tangga maupun setelah berumah tangga. Berdasarkan adanya gerakan feminisme yang menyuarakan adanya hak bekerja, berpendidikan, dan lainnya. Membuat kaum feminis memposisikan perempuan yang bekerja untuk mengedepankan dan mempertahankan kedudukan para perempuan untuk setara dengan kedudukan laki-laki. Selain itu, adanya kesadaran perempuan untuk bekerja membuat peran perempuan memiliki peran ganda yaitu peran domestik dan peran publik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep perempuan bekerja dalam pandangan Murtadha Muthahhari dengan melakukan analisis terhadap penelitian yang dilakukan, untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi perempuan bekerja, dan juga dampak dari peran perempuan bekerja di Kp. Cibangkonol RT 02 RW 06 Desa Cibiru Wetan. Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan (field research), dengan jenis penelitian yaitu kualitatif-deskriptif. Sumber primer yang digunakan yaitu berupa buku “Filsafat Perempuan” dari Murtadha Muthahhari dan juga hasil wawancara dengan informan di lokasi penelitian. Sumber sekunder yang digunakan berupa artikel, buku, dan sumber penelitian yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, dalam Filsafat Perempuan perspektif Murtadha Muthahhari tentang perempuan bekerja bahwa perempuan berhak untuk mendapatkan kemerdekaannya, individualitasnya, serta kemandiriannya, namun tidak pula diperbolehkan untuk menganggap rendah laki-laki dan juga bersikap memberontak terhadap laki-laki. Berkenaan dengan hal tersebut bahwa perempuan berhak untuk bekerja atas dasar mencapai keridhoan dari Allah SWT. Perempuan bekerja pun memiliki hak untuk dapat mengaktualisasikan diri pada pekerjaan yang diminati melalui pendidikan yang telah ditempuh sebelumnya. Penelitian di Kampung Cibangkonol RT 02 RW 06 Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, memiliki faktor yang melatarbelakangi perempuan bekerja, diantaranya karena faktor ekonomi, eksistensi diri, pendidikan, dan juga faktor sosial. Adapun dampak positif dari perempuan bekerja, misalnya membangun sifat mandiri dan kreatif. Selain itu, kurangnya waktu bersama anak maupun keluarga menjadi salah satu dampak negatif yang terjadi dari perempuan bekerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Filsafat Perempuan; Murtadha Muthahhari; Perempuan; Perempuan Bekerja; Sosial
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Pratiwi Nurul Hasanah
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:53
Last Modified: 30 Jun 2022 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52129

Actions (login required)

View Item View Item