Pengaruh pendapatan margin mudharabah berdasarkan PSAK 105 dan NPF (Non Performing Financing) Net terhadap laba bersih pada PT. BPRS Harta Insan Karimah Parahyangan periode 2016-2021

Larasati, Putri Ayu (2022) Pengaruh pendapatan margin mudharabah berdasarkan PSAK 105 dan NPF (Non Performing Financing) Net terhadap laba bersih pada PT. BPRS Harta Insan Karimah Parahyangan periode 2016-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga keuangan pada umumnya berfungsi sebagai perantara bagi kelompok individu yang memiliki uang ekstra dengan kelompok orang yang membutuhkan dana. Situasi perekonomian di Indonesia ini sedang mengalami reformasi, oleh karena itu berdirinya Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) diharapkan menjadi solusi untuk sumber permodalan bagi masyarakat agar dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Seiring dengan pertumbuhan BPRS, kesadaran akan aturan akuntansi syariah juga penting untuk diterapkan. Namun belum diketahui sudah sejauh mana pendanaan Mudharabah di PT. BPRS Harta Insan Karimah ini sesuai dengan pedoman akuntansi Syariah menurut PSAK No. 105. Berdasarkan data pada PT. BPRS Harta Insan Karimah Parahyangan, dapat disimpulkan bahwa pendapatan margin Mudharabah, NPF (Non Performing Financing), dan kualitas Laba Bersih mengalami fluktuatif setiap tahunnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari pendapatan margin mudharabah berdasarkan PSAK 105 dan NPF (Non Performing Financing) terhadap laba bersih PT. BPRS Harta Insan Karimah Parahyangan. Kerangka berpikir dalam penelitian ini yaitu bahwa yang dapat mempengaruhi Laba Bersih adalah Pendapatan Margin Mudharabah berdasakan PSAK 105 dan Non Performing Financing (NPF) dan juga terdapat faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini yang memungkinkan untuk mempengaruhi laba bersih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis deret waktu (Time Series), analisis regresi, koefisien determinasi serta pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t dan uji F. Adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah pendapatan margin mudharabah berdasarkan PSAK 105 dan NPF (Non Performing Financing), sedangkan laba bersih sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Pendapatan margin mudharabah secara parsial terbukti tidak berpengaruh laba bersih; 2) NPF (Non Performing Financing) seacara parsial tidak terbukti berpengaruh terhadap laba bersih; 3) Pendapatan margin mudharabah dan NPF (Non Performing Financing) secara simultan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap laba bersih; 4) Pendapatan margin mudharah PT. BPRS Harta Insan Karimah Parahyangan sepenuhnya sesuai dengan PSAK 105.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Margin Mudharabah; Non Performing Financing; Laba Bersih
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Cost Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Putri Ayu Larasati
Date Deposited: 30 Jun 2022 00:41
Last Modified: 30 Jun 2022 00:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52102

Actions (login required)

View Item View Item