Implementasi peraturan daerah kabupaten Cianjur nomor 4 tahun 2019 tentang perlindungan lahan Pertanian pangan berkelanjutan perspektif Siyasah Dusturiyah : studi kasus Dinas Pertanian kabupaten Cianjur

Ajijah, Hani Nur (2022) Implementasi peraturan daerah kabupaten Cianjur nomor 4 tahun 2019 tentang perlindungan lahan Pertanian pangan berkelanjutan perspektif Siyasah Dusturiyah : studi kasus Dinas Pertanian kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

Dibentuknya Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Cianjur dalam menangani alih fungsi lahan namun dalam pelaksaannya masih banyak alih fungsi lahan. Hal ini disebabkan karena tingginya alih fungsi yang terjadi pada tahun 2019 luas lahan pertanian Cianjur sekitar 67.510.81 ha dan mengalami penyusutan pada tahun 2021 menjadi 66,658.50 ha karena terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi permukiman sekitar 900.1 ha, lahan kering/ tegal 1859.61 ha,dan alih fungsi lain-lainyan sekitar 11020.21 ha. Tujuan penelitian ini adalah, Untuk Mengetahui peraturan daerah mengatur perlindungan lahan pertanian berkelanjutan di kabupaten Cianjur. Untuk Mengetahui hambatan-hambatan Dinas pertanian dalam menyelesaikan peraturan Daerah perlindungan lahan pertanian. Untuk Mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah terhadap perlindungan lahan pertanian berkelanjutan dan hambatan-hambatan yang ditemui Dinas Pertanian di kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan Teori Implementasi Kebijakan dimana Implementasi ini merupakan aktualisasi dari suatu produk hukum dalam mencapai tujuan yang ingin dikehendaki oleh hukum itu sendiri dan Teori Siyasah Duturiyah yang memiliki perwujudan adanya kemaslahatan bagi kemaslahatan umat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu memecahkan masalah dengan meneliti data sekunder dan data primer di lapangan. Untuk pengolahan data, penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Langkah-langkah penelitiannya terdiri dari; studi literature dan perundang-undangan, penyusunan instrumen pelaksanaan penelitian di lapangan berupa panduan wawancara. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwasanya yang pertama, Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2019 ini tidak dapat sepenuhnya membatasi terjadinya alih fungsi lahan. Yang kedua, faktor utama yang menjadi penghambat terlaksananya perda ini dengan baik dan yang menyebabkan alih fungsi lahan terus menerus terjadi adalah peningkatan jumlah penduduk. Yang ketiga adanya perda dan pelaksanaan terhadap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Cianjur ini telah sesuai dengan prinsip pelaksanaan pemerintahan dalam siyasah dusturiyah, namun ada beberapa hal yang perlu ditinjau kembali dan diperbaiki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: implementasi;alih fungsi lahan;siyasah dusturiyah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Hani Nurajijah
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:35
Last Modified: 29 Jun 2022 08:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52089

Actions (login required)

View Item View Item