Implementasi Pasal 28 Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup tinjauan siyasah dusturiyah: Studi kasus masyarakat terkena dampak rencana kegiatan Laswi Heritage Kota Bandung oleh PT. Wijaya Karya Realty di Kelurahan Kacapiring Kecamatan Batununggal

Priambudi, M. Adhan (2022) Implementasi Pasal 28 Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup tinjauan siyasah dusturiyah: Studi kasus masyarakat terkena dampak rencana kegiatan Laswi Heritage Kota Bandung oleh PT. Wijaya Karya Realty di Kelurahan Kacapiring Kecamatan Batununggal. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy

Abstract

Tahapan keterlibatan masyarakat dalam AMDAL sesuai pasal 28 PP Nomor 22 Tahun 2021 pada kegiatan Laswi Heritage Kota Bandung di Kelurahan Kacapiring, bahwa masyarakat terkena dampak masih belum memahami pengumuman yang disampaikan oleh Pemrakarsa, dan masyarakat melalui perwakilannya di tiap RT dan RWnya belum menjamin dapat mewakili semua kepentingan masyarakat terkena dampak dalam acara konsultasi publik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tahapan pelaksanaan keterlibatan masyarakat dalam AMDAL sesuai pasal 28 PP Nomor 22 Tahun 2021 pada Rencana Kegiatan Laswi Heritage Kota Bandung di Kelurahan Kacapiring. 2) Untuk mengetahui kebijakan yang diambil oleh DLHK Kota Bandung dalam mengatasi hambatan-hambatan pada pelaksanaan keterlibatan masyarakat dalam AMDAL sesuai pasal 28 PP Nomor 22 Tahun 2021 pada Rencana Kegiatan Laswi Heritage Kota Bandung di Kelurahan Kacapiring. 3) Untuk mengetahui tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi pasal 28 PP Nomor 22 Tahun 2021 pada Rencana Kegiatan Laswi Heritage Kota Bandung di Kelurahan Kacapiring. Peraturan pemerintah di atas merupakan kebijakan publik yang dilandasi oleh kebutuhan akan penyelesaian masalah terkait lingkungan hidup. Kebijakan publik tersebut ditetapkan dengan melibatkan beberapa pihak (stakeholders), guna pemenuhan hak dan kepentingan masyarakat. Implementasi kebijakan merupakan tindakan-tindakan yang dilaksanakan oleh individu-individu, dan kelompok-kelompok pemerintah dan swasta, yang mengacu pada pencapaian tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer bersumber dari responden masyarakat terkena dampak beserta informan bersumber dari DLHK Kota Bandung dan sumber data sekunder bersumber dari peraturan peundangan-undangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Tahapan keterlibatan masyarakat dalam penyusunan AMDAL pada rencana kegiatan Laswi Heritage Kota Bandung dimulai dari pengumuman dan konsultasi public betul-betul dilakukan walaupun ada beberapa hambatan yang terjadi yang membuat proses implementasinya belum optimal. 2) Kebijakan DLHK Kota Bandung dalam mengatasi hambatan-hambatan dengan cara meningkatkan frekuensi sosialisasi berupa penyuluhan dan penerangan hukum berkaitan dengan keterlibatan masyarakat dalam proses AMDAL. 3) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi tersebut menurut Asy-Syatibhi, cenderung kepada maslahah dharuriyah bahwa, keterlibatan masyarakat dalam AMDAL merupakan bagian dari salah satu tujuan syara’ yaitu menjaga jiwa (hifdh al-nafsh).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Pemerintah; AMDAL; Keterlibatan Masyarakat; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Fikih Lainnya
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: M. Adhan Priambudi
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:15
Last Modified: 29 Jun 2022 05:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52074

Actions (login required)

View Item View Item