Manajemen strategik pengelolaan zakat dalam upaya meningkatkan jumlah Muzakki: Studi deskriptif di Baznas Kota Tangerang

Haryadi, Haryadi (2022) Manajemen strategik pengelolaan zakat dalam upaya meningkatkan jumlah Muzakki: Studi deskriptif di Baznas Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy

Abstract

Badan Amil Zakat Nasiomal (Baznas) adalah suatu lembaga yang dibentuk berdasarkan undang-undang dengan tugas pokoknya yaitu melakukan pengelolaan zakat yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengordinasian dalam hal pengumpulan, pendistibusian dan pendayagunaan zakat. dalam praktiknya pengelolaan zakat seringkali dilakukan dengan tidak maksimal, oleh karenanya membutuhkan manajemen strategik pengelolaan untuk dapat mempermudah dan memaksimalkan kinerja yang dilakukan. Penerapan manajemen strategik juga dimaksudkan untuk dapat menciptakan suatu pengelolaan zakat yang cepat, tepat, aman, dan akuntabel Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategik pengelolaan zakat yang terdiri dari formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi yang dilakukan oleh Baznas Kota Tangerang dalam upaya meningkatkan jumlah muzakki. Teori yang digunakan didasarkan pada teori yang diungkapkan Taufiqurrahman (2020: 27-28) bahwa manajemnen strategik memiliki tiga tahapan utama, yaitu formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memeberikan penjelasan serta fakta-fakta mengenai manajemen strategik pengelolaan zakat di Baznas Kota Tangerang dalam upayanya meniningkatkan jumlah muzakki. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen strategik pengelolaan zakat di Baznas Kota Tangerang terdiri dari tiga tahapan: Pertama, formulasi strategi meliputi pengembangan visi msi, analisis lingkungan eksternal dan internal melalui analisis peluang, tantangan, kekuatan dan kelemahan, penentuan targer dan terakhir ialah menetukan alternatif strategi. Kedua, Implementasi strategi yang meliputi pengembangan strategi dan juga pelaksanaan program-program yang telah dirumuskan baik pada bidang pengumpulan maupun pada bidang pendistribudian dan pendayagunaan zakat. Ketiga, evaluasi yang meliputi kegiatan menganalisis faktor-faktor interal dan eksternal, pengukuran kinerja pegawai dan pengambilan tindakan koreksi dan perbaikan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pengelolaan zakat di Baznas Kota Tangerang dalam upayanya meningkatkan jumlah muzakki sudah berjalan dengan lancar hal ini terlihat dari data peningkatan jumlah muzakki di kurun waktu 2016 sampai dengan 2019 meski terjadi penurunan di tahun 2020 karena wabah covid-19 yang membut muzakki menyalurkan dana zaktnya secara pribadi dilingkungannya sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Muzakki; Strategik; Zakat.
Subjects: Islam > Zakat
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:07
Last Modified: 30 Jun 2022 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52066

Actions (login required)

View Item View Item