Sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write hubungannnya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cianjur

Hasna, Nadia (2022) Sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write hubungannnya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya prestasi kognitif selama pembelajaran daring dapat dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi di kelas VIII, guru dalam pelaksanaan pembelajaran menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write. Secara umum sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran tersebut disikapi dengan positif dan guru pun melaksanakan dengan baik. Berdasarkan itu peneliti tertarik untuk meneliti hal ini. Apakah ada hubungan antara keduanya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write di kelas VIII SMP Negeri 1 Cianjur. 2. Prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Cianjur. 3. Hubungan antara sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Cianjur. Penelitian ini melihat pada sebuah asumsi bahwa prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya oleh sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write. Berdasarkan asumsi tersebut hipotesis pada penelitian ini yaitu semakin positif sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write, maka semakin tinggi pula prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Pendekatan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan yaitu metode korelasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Dalam menganalisis data yang sudah terkumpul penulis menggunakan analisis statistik dengan menempuh analisis parsial perindikator, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) Sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write berkategori positif skor 4,34. 2) Prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI berkategori tinggi skor 83. 3) Hubungan kedua variabel yaitu (a). Koefisien korelasinya termasuk sedang skor 0,49 (b). Hipotesisnya diterima, t_hitung sebesar 7,1 dan t_tabel sebesar 0,2542. (c). Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y termasuk cukup yaitu sebesar 74%. Hasil ini mengisyaratkan bahwa masih ada 26% faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI selain dari sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Cooperative Learning Tipe Think Talk Write; Prestasi Kognitif; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Hasna
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:44
Last Modified: 27 Jun 2022 02:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51975

Actions (login required)

View Item View Item