Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian kualitatif terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Rancaekek

Susanti, Rina (2022) Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian kualitatif terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia telah membawa dampak besar baik dari segi perekonomian, perindustrian maupun pendidikan. Dunia pendidikan menjadi salah satu sektor yang dirasakan terkena dampak yang sangat besar yakni dengan adanya kebijakan pemerintah yang terus melakukan perubahan dalam sistem pembelajaran yang semestinya kembali berjalan normal pasca diterapkannya kebijakan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) tetapi kenyataannya berubah menjadi sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Hal ini menjadi kendala sekaligus tantangan bagi para tenaga pendidik untuk merancang dan menerapkan pola perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran agar berjalan sesuai yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI, 2) Mendeskrispikan pelaksanaan pembelajaran PAI, 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran PAI, 4) Mendeskripsikan respon siswa kelas VII terhadap pelaksanana pembelajaran PAI. Penelitian ini melihat pada asumsi bahwasanya guru mempunyai peran yang sangat penting sebagai sumber belajar dan pengelola dalam proses pembelajaran. Guru PAI dituntut untuk bisa merancang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Dengan demikian guru maupun siswa pasti menemukan hambatan dalam mencapai keberhasilan proses PTMT. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Rancaekek. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokomuentasi, pengumpulan angket dan triangulasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh menunjukan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran oleh guru PAI: (a) mengikuti pembinaan yang diadakan disekolah, (b) membuat perencanaan pembelajaran melalui pembuatan RPP terbatas yang mengacu pada kurikulum 2013, (c) guru mempersiapkan kebutuhan protokol kesehatan untuk kesiapan peserta didik sebelum pembelajaran, (d) guru mempersiapkan materi bahan ajar dan media pembelajaran berupa modul dan buku paket. 2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI dilaksanakan dengan menerapkan sistem blanded learning yang dilakukan secara bertahap yakni: (a) Kegiatan Awal, (b) Kegiatan Inti, (c) Kegiatan Penutup. 3) Evaluasi Pembelajaran PAI: (a) pemberian tugas melalui luring (b) pemberian tugas melalui daring. (4) Respon siswa kelas VII terhadap pelaksanaan pembelajaran PAI yakni dengan 64% respon positif dan 36% respon negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19; PTMT; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rina Susanti
Date Deposited: 27 Jun 2022 00:44
Last Modified: 27 Jun 2022 00:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51968

Actions (login required)

View Item View Item