Pengaruh persepsi siswa tentang strategi pembelajaran Ekspositori terhadap hasil Belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX di SMP Triyasa Bandung Kec Ujung Berung Kota Bandung Jawa Barat 40618

Firmansyah, Alfitra (2022) Pengaruh persepsi siswa tentang strategi pembelajaran Ekspositori terhadap hasil Belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas IX di SMP Triyasa Bandung Kec Ujung Berung Kota Bandung Jawa Barat 40618. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya guru pada saat menggunakan strategi pembelajaran sering mengalami berbagai permasalahan diantaranya Pertama, guru kurang menguasai beberapa strategi penyajian materi yang menarik dan efektif. Kedua, pemilihan metode kurang relevan dengan tujuan pelajaran dan materi pelajaran. Ketiga, guru kurang terampil dalam menggunakan metode dan terikat pada satu metode saja. Keempat, guru tidak memberikan umpan balik kepada siswa yang telah mengerjakan tugasnya sehingga para peserta didik mempersepsikan bahwa strategi tersebut kurang menarik dan cenderung monoton sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar mereka, khususnya pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Triyasa Bandung tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas persepsi siswa tentang strategi pembelajaran ekspositori, 2) Realitas hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Realitas hubungan antara persepsi siswa tentang strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMP Triyasa Bandung. Berdasarkan teori yang ada penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI salah satunya dipengaruhi oleh adanya persepsi siswa tentang strategi pembelajaran ekspositori. Dari asumsi tersebut dapat diajukan sebuah hipotesis, semakin positif persepsi siswa tentang strategi pembelajaran ekspositori, maka akan semakin baik juga hasil belajar kognitif mereka pada pembelajaran PAI. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui survey, observasi, wawancara, dan angket. Kemudian analisis data tersebut dibagi kedalam dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dari hasil analisis ini menunjukkan yaitu: 1) pengaruh persepsi siswa tentang strategi pembelajaran ekspositori berdasarkan skor 3,52, angka ini termasuk dalam kategori positif karena berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) hasil belajar mereka pada mata pelajaran PAI berdasarkan skor 78,36, angka ini termasuk dalam kategori tinggi karena berada pada interval 70 – 79. 3) hubungan antara persepsi siswa tentang strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar mereka pada mata pelajaran PAI berada pada kategori tinggi/kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,73 yang berada pada interval 0,70 – 0,90. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung (6,26) > t tabel (1,69) dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan derajat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 32%. Hal ini menunjukan masih ada 68% faktor lain yang dapat mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: persepsi; strategi pembelajaran ekspositori; hasil belajar kognitif;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Alfitra Firmansyah
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:53
Last Modified: 24 Jun 2022 02:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51958

Actions (login required)

View Item View Item