Pengembangan bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik

Khojanah, Ade (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia menurut hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) sejak tahun 2000 hingga tahun 2018 masih tergolong rendah. Bahan ajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan literasi sains peserta didik. Bahan ajar yang ada di Indonesia belum memuat aspek literasi sains yang seimbang. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang berbasis literasi sains dengan muatan aspek-aspek literasi sains yang seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui (1) Tingkat kelayakan bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi. (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi. (3) Peningkatan keterampilan literasi sains peserta didik menggunakan bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementtion, Evaluation). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian menunjukkan : (1) Pengembangan bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi memperoleh hasil kelayakan sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 89%. (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi memperoleh persentase rata-rata sebesar 81% yang termasuk pada kategori efektif. (3) Penggunaan bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi pada materi suhu dan kalor dapat meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik dengan rata-rata skor N-Gain 0,42 yang termasuk pada kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah bahan ajar berbasis PISA berbantuan video animasi mampu diterapkan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Literasi Sains; PISA; Suhu; Kalor
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ade Khojanah Suhada
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:14
Last Modified: 23 Jun 2022 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51946

Actions (login required)

View Item View Item