Persepsi siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan motivasi belajar mereka : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung

Al-Ghifary, Dwi Fikry (2022) Persepsi siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan motivasi belajar mereka : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 3 Bandung bahwasannya adanya pandemi covid-19 mendorong guru untuk mengggunakan media pembelajaran daring agar pembelajaran secara jarak jauh tetap bisa dilaksanakan. SMPN 3 Bandung menggunakan media pembelajaran Google Classroom, karena dikatakan oleh guru media ini penggunaanya yang mudah dan hemat biaya. Pembelajaran melalui Google Classroom ini berjalan dengan baik, walaupun tidak dapat dipungkiri terdapat beberapa siswa yang sudah bosan dengan pembelajaran daring ini, menjadi tidak semangat dan antusias untuk mengikuti pembelajaran PAI menggunakan media pembelajaran Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) mengetahui motivasi belajar siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3)mengetahui hubungan antara media pembelajaran Google Classroom dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teori yang ada penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa adanya sebuah persepsi manusia akan terus-menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Hubungan ini dilakukan oleh panca indera manusia, persepsi muncul ke dalam kesadaran. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi berkaitan dengan motivasi, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi adalah lingkungan, apabila lingkungan seseorang baik maka akan timbul motivasi yang baik namun sebaliknya apabila lingkungan nya tidak baik maka motivasinya akan lemah. Langkah-langkah pada penelitian ini adalah: (1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi, (2) Responden 44 siswa kelas VIII SMPN 3 Bandung, (3) alat pengumpulan data: Obeservasi, wawancara, angket dan dokumentasi, (4) data kualitatif menggunakan pendektan logika dan untuk kuantitatif menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Persepsi siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk ke dalam kategori positif yaitu 3,76 berada pada skala 3,51-4,50. (2) Motivasi belajar siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk ke dalam kategori tinggi dengan skor 3,91 berada pada skala 3,51-4,50. (3) Hubungan antara persepsi siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan motivasi belajar mereka koefisien korelasinya berada pada kategori sangat rendah yaitu 0,01, Hipotesisnya ditolak artinya tidak adanya hubungan yang siginifikan, dan derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 1% ini menunjukkan terdapat 99% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom; Motivasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Fikry Al-Ghifary
Date Deposited: 24 Jun 2022 05:37
Last Modified: 24 Jun 2022 05:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51941

Actions (login required)

View Item View Item