Pengaruh pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Subang

Nurhasanah, Siti (2022) Pengaruh pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak: Penelitian pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode daring melalui Google Classroom di kelas VIII MTs Nurul Huda pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Metode pembelajaran daring melalui Google Classroom dikembangkan untuk menunjang pembelajaran tatap muka secara tidak langsung, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Namun realitanya, keaktifan dan antusias peserta didik dalam menggunakan metode daring melalui Google Classroom pada proses pembelajaran tidak sesuai dengan hasil yang dicapai, yang terjadi justru menurunnya motivasi belajar peserta didik pada proses pembelajaran. Seharusnya apabila peserta didik sudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode daring melalui Google Classroom secara optimal, maka akan diikuti dengan meningkatnya motivasi belajarn yang optimal pula. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Realitas pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom di siswa kelas VIII MTs Nurul Huda . 2) Realitas motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda. 3) Pengaruh pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak (penelitian pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Subang). Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom, pada kenyataannya pembelajaran daring mengakibatkan sebagian peserta didik menjadi malas atau bosan saat kegiatan pembelajaran. Maka dari itu hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara pembelajaran daring menggunakan Google Clasroom terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 40 orang siswa kelas VIII MTs Nurul Huda dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Realitas pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom termasuk kedalam kategori baik. Dengan nilai rata-rata 3,91 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 (2) Realitas motivasi belajar siswa termasuk kedalam kategori baik. Dengan nilai rata-rata 3,67 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.. (3) Berdasarkan hasil hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan hasil nilai uji t hitung sebesar 1,25 > nilai t tabel 2,20. Sehingga H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa pengaruh pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom tidak berpengaruh secara signifikan dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Subang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring; Media Google Classroom; Motivasi Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurhasanah
Date Deposited: 27 Jun 2022 00:43
Last Modified: 27 Jun 2022 00:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51934

Actions (login required)

View Item View Item