Penerapan model pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi usaha dan energi

Fatimah, Eva Nurul (2022) Penerapan model pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan argumentasi peserta didik. Tantangan keterampilan abad 21 di Indonesia dihadapi dengan penerapan Kurikulum 2013 untuk meningkatkan berbagai jenis keterampilan salah satunya keterampilan argumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Argument Based Science Inquiry(ABSI) dan peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaranABSI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design, penelitian dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa adanya kelompok pembanding dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Karya Budi dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Argument Based Science Inquiry berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 90% dan peserta didik sebesar 83%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitungsebesar 20,40dan nilai ttabel sebesar 2,042(thitung>ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sainspeserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Argument Based Science Inquiry dengan nilai N-gain sebesar 0,79 pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI); keterampilan Argumentasi; Peserta Didik; Usaha dan Energi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Eva Nurul Fatimah
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:58
Last Modified: 20 Jun 2022 04:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51898

Actions (login required)

View Item View Item