Analisis kesesuaian bahan ajar pada buku Senang Belajar Matematika 4 kurikulum 2013 dengan kemampuan pemahaman matematis siswa

Nurhidayah, Annisa (2020) Analisis kesesuaian bahan ajar pada buku Senang Belajar Matematika 4 kurikulum 2013 dengan kemampuan pemahaman matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_daftar isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman matematis siswa rendah terutama di tingkat SD. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa tentunya isebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah sumber belajar. Sumber belajar yang digunakan di sekolah tentunya sangat beragam, bahan ajar merupakan salah satunya. Bahan ajar merupakan sekumpulan materi yang disusun untuk memudahkan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. bahan ajar memiliki peran yang penting salah satunya adalah meningkatkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Bahan ajar dibagi menjadi beberapa macam, ada bahan ajar yang bersifat cetak dan bahan ajar non cetak. Bahan ajar cetak meliputi buku teks, handout, dan lembar kerja siswa. Sedangkan bahan ajar non cetak meliputi audio, display, dan video. Bahan ajar yang dipilih dalam penelitian ini adalah buku teks. Buku teks merupakan buku sumber yang disusun secara rinci dan sitematis oleh para pakar atau ahli pada suatu bidang tertentu yang didalamnya memuat materi dan soal-soal latihan yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Buku teks menjadi sumber utama atau sumber acuan dalam setiap mata pelajaran. Buku teks yang dipilih pada penelitian ini adalah Buku Senang Belajar Matematika 4. Pemilihan buku ini karena kelas 4 merupakan peralihan pertama siswa dari kelas rendah ke kelas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian bahan ajar pada buku Senang Belajar Matematika 4 dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menjadi acuan dalam analisis ini adalah indikator kemampuan pemahaman matematis. Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan paling dasar yang mestinya dimiliki oleh siswa di tingkat SD/MI. Jika buku teks yang digunakan siswa dalam kegiatan belajar memiliki kesesuaian dengan indikator yang ada pada kemampuan pemahaman matematis, artinya buku teks dapat dijadikan media untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan mengambil objek Buku Senang Belajar Matematika 4 sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan mengisi lembar pengamatan. Analisis data menggunakan analisis konten, dan analisis dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, bahan ajar yang terdapat pada Buku Senang Belajar Matematika 4 memiliki kesesuaian dengan indikator pemahaman matematis, yaitu: 1) menyampaikan kembali konsep yang telah dipelajari, 2) mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk membentuk suatu konsep, 3) mengaplikasikan konsep dalam bentuk sistematis, 4) menyajikan konsep dalam bentuk matematis, dan 5) menghubungkan suatu konsep dengan konsep lainnya. Buku Senang Belajar Matematika 4 juga mengacu pada 5M pada pendekatan saintifik kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Buku Senang Belajar Matematika 4; Kurikulum 2013; Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisa Nurhidayah
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:34
Last Modified: 20 Jun 2022 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51878

Actions (login required)

View Item View Item