Perbedaan keterampilan berpikir kritis antara model Guided Inquiry dan Free Inquiry pada materi sistem pencernaan manusia

Hanifah, Riki Husni (2022) Perbedaan keterampilan berpikir kritis antara model Guided Inquiry dan Free Inquiry pada materi sistem pencernaan manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi di SMPN 56 Bandung diperoleh data bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas VIII masih kurang. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan free inquiry untuk meneliti keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran sistem pencernaan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran guided inquiry dan free inquiry, menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kedua model pembelajaran, mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kedua model pembelajaran. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 56 Kota Bandung sebanyak enam kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas, yaitu VIII C dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas VIII E dengan menggunakan model pembelajaran free inquiry. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, soal keterampilan berpikir kritis materi sistem pencernaan manusia dan angket. Hasil penelitian menunjukkan, keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran sistem pencernaan manusia menggunakan model guided inquiry adalah 66,58 dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis (N-Gain) 0,5 dengan kategori sedang dan free inquiry adalah 72,53 dengan peningkatan keterampilan berpikir kritis (N-Gain) 0,59 dengan kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran free inquiry lebih baik dari pada model guided inquiry. Indikator tertinggi pada Free Inquiry adalah memberikan penjelasan lebih lanjut, pada Guided Inquiry adalah inferensi, indikator terendah pada Free Inquiry adalah mengatur strategi dan taktik, pada Guided Inquiry adalah mengatur strategi dan taktik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Free Inquiry; Guided Inquiry; Keterampilan Berpikir Kritis; Sistem Pencernaan
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Riki Husni Hanifah
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:21
Last Modified: 16 Jun 2022 08:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51877

Actions (login required)

View Item View Item