Pengembangan bahan ajar berbasis Contextual Learning berbantuan Macromedia Flash dengan model addie untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Maulida, Rafiqa Nur Hasna (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis Contextual Learning berbantuan Macromedia Flash dengan model addie untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi sangat mumpuni untuk menunjang pembelajaran di sekolah. Bahan ajar menjadi salah satu sumber belajar siswa yang bisa dikemas menarik oleh guru agar pembelajaran lebih hidup. Salah satu pemanfaatannya adalah bahan ajar berbasis Contextual Learning berbantuan Macromedia Flash. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) proses pengembangan bahan ajar berbasis Contextual Learning berbantuan Macromedia Flash; (2) validitas bahan ajar; (3) kepraktisan bahan ajar; (4) keefektifan bahan ajar; (5) dan peningkatan math self-afficacy siswa. Metode penelitian ini yaitu R&D dengan model ADDIE yang dilakukan di SMPN 59 Kota Bandung. Hasil peneltian menunjukan tingkat kelayakan bahan ajar berbasis Contextual Learning berbantuan Macromedia Flash dengan kategori layak oleh ahli media dan materi, kepraktisan bahan ajar berbasis Contextual Learning berbantuan Macromedia Flash mencapai kategori praktis, keefektifan bahan ajar berbasis Contextual Learning berbantuan Macromedia Flash mencapai kategori efektif dengan kategori tinggi, dan peningkatan math self-efficacy mencapai kategori sedang. Berdasarkan hasil respon siswa dilihat dari aspek kepraktisan, bahan ajar berbasis Contextual Learning berbantuan Macromedia Flash dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran agar kelas lebih kondusif sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; contextual learning; komunikasi matematis; matematika
Subjects: Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rafiqa Nur Hasna
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:13
Last Modified: 16 Jun 2022 08:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51875

Actions (login required)

View Item View Item