Penerapan metode Al-Baghdadi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik: Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran BTHQ di SMA PGRI Cicalengka

Hambari, Novia Nita Sri (2022) Penerapan metode Al-Baghdadi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik: Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran BTHQ di SMA PGRI Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMA PGRI Cicalengka dan hipotesis yang telah diambil selama melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) peneliti menemukan bahwa hampir seluruh peserta didik di SMA PGRI Cicalengka memiliki kemampuan yang relatif kurang dalam memabaca al-Qur’an sesuai kaidah tajwid. Hal ini berpengaruh terhadap kualitas membaca al-Qur’an peserta didik yang rendah. Maka dari itu diperlukannya metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas bacaan al-Qur’an peserta didik, salah satunya ialah dengan menerapkan metode al-Baghdadi. Metode al-Baghdadi merupakan metode pembelajaran al-Qur’an dengan latih tubi atau dieja perhurufnya sesuai dengan kaidah untuk menghindari kesalahan baca. Adapun tujuan penelitian dengan metode pembelajaran ini adalah untuk: 1) mengetahui kualitas bacaan al-Qur'an peserta didik sebelum menggunakan metode Baghdadi di SMA PGRI Cicalengka; 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran BTHQ dengan menggunakan metode Baghdadi pada setiap siklus di SMA PGRI Cicalengka; 3) mengetahui kualitas bacaan al-Qur'an peserta didik setelah menggunakan metode Baghdadi di SMA PGRI Cicalengka. Sebelum diterapkannya metode ini, maka dilakukannya pengujian terhadap kondisi awal peserta didik dengan tujuan sebagai perbandingan dan pembuktian mengenai rendahnya kualitas bacaan al-Qur'an peserta didik. Peneliti melakukan tes bacaan al-Qur'an kepada peserta didik. Setelah mendapatkan data, peneliti menganalisa dan menerapkan metode al-baghdad selama tiga siklus. Dan di akhir pertemuan, peneliti melakukan post-test untuk melihat dan mengukur peningkatan kualitas bacaan al-Qur'an peserta didik di SMA PGRI Cicalengka. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sementara itu teknik pengumpulan data berupa observasi dengan melihat dan menilai secara langsung objek penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara dengan pendidik yang bersangkutan dan juga pihak sekolah dan tes sebelum siklus atau pretest, selama siklus yang dilakukan disetiap akhir siklus, dan juga posttest atau setelah semua siklus selesai. Hasil penelitiannya yaitu kualitas bacaan al-Qur’an peserta didik yang ditinjau dari hasil rata-rata nilai pretest sebelum diterapkannya metode al-Baghdadi ialah sebesar 71,29. Pada saat pembelajaran menggunakan metode al-Baghdadi pada setiap siklusnya, peserta didik memperolah nilai rata-rata 77,76 pada siklus I, 76,59 pada siklus II dan 80,6 pada siklus III. Adapun untuk nilai rata-rata posttest peserta didik ialah 71,9. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode al-Baghdadi ini mampu meningkatkan kualitas bacaan al-Qur’an peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Al-Baghdadi; Kualitas Bacaan Al-Qur’an; Peserta Didik
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novia Nita Sri Hambari
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:03
Last Modified: 28 Jun 2022 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51756

Actions (login required)

View Item View Item