Pengaruh Social Comparison terhadap Expectancy for Success dengan Self-Esteem sebagai variabel moderator pada pengguna sosial media Instagram

Haq, Aufa Amalia (2022) Pengaruh Social Comparison terhadap Expectancy for Success dengan Self-Esteem sebagai variabel moderator pada pengguna sosial media Instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Postingan pada Instagram memberikan informasi yang memungkinkan individu membentuk kesan terhadap individu lainnya dengan cepat, sehingga mereka akan secara spontan dan tidak sengaja melakukan social comparison dan akan memberikan dampak terhadap expectancy for success. Pilihan individu dalam melakukan perbandingan sosial dapat dipengaruhi oleh self-esteem. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh social comparison terhadap expectancy for succes dengan self-esteem sebagai variabel moderator pada pengguna sosial media Instagram. Desain penelitian ini yaitu kuantitatif regresi. Subjek penelitian berjumlah 100 mahasiswa aktif UIN Sunan Gunung Djati Bandung pengguna Instagram dengan Usia 18-25 tahun. Pengambilan data menggunakan skala social comparison 11 item α = 0.7, skala Expectancy for succes 28 item α = 0.896, dan skala self-esteem 13 item α = 0.856. Uji analisis data menggunakan uji regresi berganda serta uji MRA (Moderat Regresion Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa social comparison dan self-esteem mempengaruhi expectancy for success sebesar 42,6%. Social comparison mempengaruhi expectancy for success sebesar 4,2% dan self-esteem sebagai variabel moderator berpengaruh sebesar 40,3%, dapat disimpulkan bahwa social comparison berpengaruh terhadap expectancy for success dan self-esteem sebagai variabel moderator yang dapat memperkuat pengaruh social comparison terhadap expectancy for success pengguna sosial media Instagram. Oleh karena itu pengguna sosial media Instagram untuk meningkatkan self-esteem, karena self-esteem yang tinggi dapat meningkatkan motivasi dalam mencapai expectancy for success.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Social Comparison; Expectancy for Success; Self-Esteem, Pengguna Sosial Media Instagram
Subjects: Psychology > Psychologist
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Aufa Amalia Haq
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:08
Last Modified: 02 Jun 2022 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51673

Actions (login required)

View Item View Item