Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal dengan metode bermain peran : Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang

Firdaus, Eva Fauziyyah Asyraf (2022) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal dengan metode bermain peran : Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat beberapa masalah terkait perkembangan bahasa anak terutama pada kemampuan mengenal huruf vokal di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Guru telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak, salah satunya dengan menggunakan gambar huruf vokal, sebagian anak belum bisa menyebutkan huruf dan merasa kebingungan untuk menyebutkan huruf vokal secara acak. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal melalui metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan mengenal huruf vokal di Kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang sebelum menggunakan metode bermain peran; 2) proses penerapan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal di Kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang pada setiap siklus; dan 3) kemampuan mengenal huruf vokal di Kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang setelah diterapkan metode bermain peran pada setiap siklus. Penelitian ini berlandaskan pada satu pemikiran bahwa metode bermain peran adalah cara untuk memahami sesuatu melalui peran tokoh atau objek di sekitar anak, sehingga anak dapat memahami sesuatu. Penerapan metode bermain peran dalam proses mengenal huruf vokal akan memudahkan anak untuk mengingat dan mengenal huruf vokal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pnelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang anak kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf vokal anak sebelum digunakan metode bermain peran memperoleh nilai sebesar 35,7 dengan kriteria gagal. Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran berjalan dengan baik. Terlihat pada aktivitas guru menunjukkan peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 75% dengan kualifikasi tinggi dan pada siklus II sebesar 85% dengan kualifikasi sangat tinggi. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I sebesar 63,5% dengan kualifikasi tinggi sedangkan pada siklus II sebesar 87% dengan kualifikasi sangat tinggi. Kemampuan mengenal huruf vokal anak di kelompok A RA Al-Ikhlas setelah diterapkan metode bermain peran mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,65 dengan kriteria kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai 77,1 dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis tindakan diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Huruf Vokal; Metode Bermain Peran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Eva Fauziyyah Asyraf Firdaus
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:32
Last Modified: 02 Jun 2022 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51671

Actions (login required)

View Item View Item