Hubungan dukungan sosial dan harapan dengan Self Regulated Learning pada mahasiswa

Febriani, Dinda Padzria Saumi (2019) Hubungan dukungan sosial dan harapan dengan Self Regulated Learning pada mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data awal melalui kuesioner kepada 33 mahasiswa Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sebanyak 25 mahasiswa mengalami hambatan dalam menjalankan proses belajar. Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan hubungan dukungan sosial dan harapan dengan self regulated learning pada mahasiswa. Desain penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur dukungan sosial adalah multidimensional scale of perceived social support (MSPSS), untuk mengukur harapan yaitu Nowotny hope scale (NHS), dan untuk mengukur self regulated learning yaitu assesing academic self regulated learning yang telah dimodifikasi. Analisis deskriptif untuk mengkategorikan ketiga variabel ditentukan berdasarkan nilai mean dari setiap variabel. Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 39.9% mahasiswa memiliki dukungan sosial yang rendah dan 60.1% tinggi. Sebanyak 57.3% mahasiswa memiliki harapan yang rendah dan 42.7% memiliki harapan yang tinggi. Sedangkan sebanyak 56.2% memiliki SRL rendah dan 43.8% memiliki SRL yang tinggi. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji regresi berganda. Subjek penelitian sebanyak 178 mahasiswa Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil penelitian menunjukan secara simultan terdapat hubungan dukungan sosial dan harapan dengan self regulated learning sebesar 26.3%. Secara parsial harapan memiliki hubungan sebesar 1.050 dengan self regulated learning, dan dukungan sosial sebesar 0,102 dengan self regulated learning. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dukungan sosial dan harapan dengan self regulated learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial;Harapan;Self regulated learning
Subjects: Education > Psychology of Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Dinda Padzria Saumi Febriani
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:52
Last Modified: 15 Aug 2022 02:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51669

Actions (login required)

View Item View Item