Penggunaan E-Comic pada topik pemanasan global untuk mengembangkan literasi lingkungan siswa

Damayanti, Nevi (2022) Penggunaan E-Comic pada topik pemanasan global untuk mengembangkan literasi lingkungan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis pengembangan literasi lingkungan siswa, dan mengidentifikasi tanggapan siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan e-comic pada topik pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah pre- experiment dengan desain penelitian one-shot case study dan model pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 MAN 6 Tasikmalaya yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan literasi lingkungan, dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase 99%. Kemampuan literasi lingkungan siswa memperoleh nilai rata – rata 75 pada indikator pengetahuan lingkungan, nilai 71 pada indikatior keterampilan kognitif, nilai 77 pada indikator sikap terhadap lingkungan, dan nilai 88 pada indikator tindakan terhadap lingkungan. Secara keseluruhan kemampuan literasi lingkungan siswa memperoleh nilai rata – rata sebesar 77 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan e-comic pada topik pemanasan global dapat mengembangkan literasi lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran;e-comic;literasi lingkungan;pemanasan global.
Subjects: Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nevi Damayanti
Date Deposited: 31 May 2022 07:52
Last Modified: 31 May 2022 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51665

Actions (login required)

View Item View Item