Pengaruh nisbah bagi hasil Mudharabah dan Non-Performing Financing (NPF) terhadap jumlah deposito Mudharabah di Bank Muamalat Indonesia cabang Bandung periode tahun 2018-2020

Jayanti, Kurniasari Dian (2021) Pengaruh nisbah bagi hasil Mudharabah dan Non-Performing Financing (NPF) terhadap jumlah deposito Mudharabah di Bank Muamalat Indonesia cabang Bandung periode tahun 2018-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Deposito Mudharabah merupakan dana investasi yang ditempatkan oleh nasabah yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah dan penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu, sesuai dengan akad perjanjian yang dilakukan antara bank dan nasabah investor. Deposito, mudah diprediksi ketersediaan dananya karena terdapat jangka waktu dalam penempatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh nisbah bagi hasil mudharabah dan Non Performing Financing (NPF) secara parsial terhadap jumlah deposito mudharabah di Bank Muamalat Cabang Bandung dan pengaruh nisbah bagi hasil mudharabah dan Non Performing Financing (NPF) secara simultan terhadap jumlah deposito mudharabah di Bank Muamalat Cabang Bandung. Sebagai landasan teori yang digunakan untuk memperkuat penelitian, maka peneliti mengajukan pengertian-pengertian beserta teori-teori yang berkaitan dengan variabel yang berhubungan antara lain : bagi hasil mudharabah, non-performing financing (NPF) dan deposito mudharabah menurut para ahli. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Hal ini sesuai dengan pendapat Arikunto yang mengemukakan penelitian kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan hasilnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, Variabel nisbah bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jumlah Deposito Mudharabah di Bank Muamalat. Sehingga dapat dikatakan semakin banyak nisbah bagi hasil yang diberikan oleh pihak Bank Muamalat maka akan semakin meningkatkan jumlah deposito Mudharabah dari nasabah. Kedua, Variabel Non-Performing Financing (NPF) terhadap Jumlah Deposito Mudharabah di Bank Muamalat memiliki pengaruh negatif. berdasarkan perhitungan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa Nilai prob. t hitung sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0,05. Dalam tabel 4.2 terdapat nilai koefisien regresi berganda Pembiayaan sebesar (-) 0,353. Nilai yang negatif pada koefisien tersebut menunjukan bahwa hubungan antara variabel Non-Performing Financing (NPF) dan Jumlah Deposito Mudharabah adalah berlawanan.. Ketiga, Berdasarkan perhitungan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa Variabel Nisbah Bagi Hasil (X1), dan Non-Performing Financing (NPF) (X2) terhadap Jumlah Deposito Mudharabah (Y) di Bank Muamalat memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil uji F dapat dilihat pada tabel 4.4 di atas. Nilai prob. F (Statistic) sebesar 0,000000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Jadi berdasarkan pada hasil pengujian dengan tingkat kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa variable Nisbah Bagi Hasil dan Non Peforming Financing (NPF) berpengaruh terhadap Jumlah Deposito secara simultan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nisbah Bagi Hasil; Mudharabah; Non-Performing Financing (NPF); Jumlah Deposito Mudharabah
Subjects: Econmics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 30 May 2022 03:30
Last Modified: 30 May 2022 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51632

Actions (login required)

View Item View Item