Hubungan kemampuan mengikuti kegiatan Practical Life dengan kemandirian anak usia dini : Penelitian pada kelompok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

Mustafidah, Neli (2022) Hubungan kemampuan mengikuti kegiatan Practical Life dengan kemandirian anak usia dini : Penelitian pada kelompok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan, penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan bahwa adanya kesenjangan antara kemampuan mengikuti kegiatan practical life dengan kemandirian anak usia dini pada kelompok B3 RA Humaiara Baleendah. Terdapat beberapa anak yang belum dapat mengaplikasikan kegiatan practical life pada kesehariannya, misalnya anak sudah diajarkan cara membuka dan menutup botol, namun dalam penerapannya masih terdapat anak yang meminta bantuan untuk membuka tutup botol minumnya, menanyakan bagaimana cara membuka tutup pada lem dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan mengikuti kemampuan mengikuti kegiatan practical life pada kelompok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, (2) Kemandirian anak usia dini pada kelompok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, (3) Hubungan antara kemampuan mengikuti kegiatan practical life dengan kemandirian anak usia dini pada kelompok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Kemandirian pada anak usia dini ini adalah keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh anak dalam melakukan segala sesuatu secara sendiri. Kemampuan ini dapat dilatih sejak dini salah satunya dengan kegiatan practical life. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesis bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan mengikuti kegiatan practical life dengan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif, karena dalam penelitiannya berupa angka dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung yang terdiri dari 14 responden. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh atau dengan kata lain semua populasi dijadikan sampel karena jumlah populasinya kurang dari 100. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan suatu keabsahan yang dihasilkan dari analisis data secara deskriptif dengan menggunakan analisis parsial, analisis normalitas dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengikuti kegiatan practical life berada pada kategori sangat baik dengan hasil sebesar 80,45 yang berada pada kelas interval 80-100. Begitupun dengan kemandirian anak usia dini diperoleh hasil sebear 84,5 yang berada pada kelas interval 80-100 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara kemampuan mengikuti kegiatan practical life dengan kemandirian anak usia dini pada kelomok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung berada pada kategori sangat kuat dengan korelasi 0,83 yang berada pada kelas interval 0,800-1,000. Kotribusi yang diberikan kemampuan mengikuti kegiatan practical life terhadap kemandirian anak usia dini sebesar 68,9% dan sisanya 31,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; Practical Life; Kemandirian Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Neli Mustafidah
Date Deposited: 27 May 2022 06:41
Last Modified: 27 May 2022 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51615

Actions (login required)

View Item View Item