Hubungan kebosanan (boredom) dengan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19

Fauzi, Insan (2021) Hubungan kebosanan (boredom) dengan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 _abstrak.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi virus COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia ini mengakibatkan terjadinya keterbatasan aktivitas manusia pada segala sektor kehidupan, begitupun perguruan tinggi yang dilema karena sistem pembelajaran harus berubah dari yang semula konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh atau perkuliahan daring. Dari survey terhadap 35 mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring menunjukan bahwa terdapat beberapa hal yang dirasakan akibat dari perkuliahan daring. Kondisi yang paling banyak dinyatakan oleh responden adalah bosan karena situasi yang monoton dan merasa stres secara akademik karena beban tugas yang lebih sulit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan Kebosanan (Boredom) dengan Stres Akademik. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa aktif yang masih mengontrak kuliah berjumlah 300 orang berusia 18 – 25 tahun dan menjalani perkuliahan daring. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Snowball Sampling. Pengambilan data yang dilakukan dengan pengisian kuesioner online hasil adaptasi dari alat ukur General Boredom untuk mengukur kebosanan dan ESSA (Educational Stress Scale for Adolescents) untuk mengukur stres akademik mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (P_value) = .000 lebih kecil dari nilai alpha (α) = 0.05, dengan koefisien korelasi 0.375 dalam arti lain terdapat hubungan positif antara Kebosanan (Boredom) dengan Stres Akademik di mana H_o ditolak dan H_1 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kebosanan; stress; perkuliahan; akademik
Subjects: Psychology
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Insan Fauzi
Date Deposited: 27 May 2022 07:26
Last Modified: 27 May 2022 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51602

Actions (login required)

View Item View Item