Pengembangan E-Module pada Materi karbohidrat berorientasi Literasi Kimia

Salsabila, Syifa Ayugea (2022) Pengembangan E-Module pada Materi karbohidrat berorientasi Literasi Kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.docx.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.docx.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
5_Bab II.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membuat suatu media pembelajaran berupa e-module yang berorientasikan literasi kimia pada materi penggolongan karbohidrat . Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian dan pengembangan dengan model tahapan ADDIE. Tujuan dari penelitian ini diantaranya ialah untuk mendeskripsikan tampilan media pembelajaran e-module, menganalisis hasil uji validasi media pembelajaran e-module, dan menganalisis hasil uji coba terbatas media pembelajaran e-module. Tampilan media pembelajaran e-module menyajikan materi mengenai karbohidrat yang berorientasikan literasi kimia. Literasi kimia terdiri atas empat aspek, diantaranya ialah aspek konteks kimia, konsep kimia, proses sains dan sikap sains . E-module menyajikan materi yang dilengkapi dengan gambar, video animasi, video uji karbohidrat yang dikemas dalam enam menu utama yaitu menu materi, menu latihan soal, menu sumber, menu petunjuk penggunaan, menu tujuan pembelajaran dan menu profil penyusun. Hasil analisis uji validasi dilakukan oleh para ahli diantaranya ahli materi, ahli pendidikan dan ahli media dan menunjukan nilai rata-rata rhitung sebesar 0,945 melebihi nilai rkritis yaitu 0,3 maka e-module ini dinyatakan valid sehingga dapat dilanjutkan ke tahap uji coba terbatas. Hasil analisis uji coba terbatas menunjukan nilai rata-rata presentase kelayakan sebesar 98,9% yang diamati dari aspek materi, aspek bahasa dan aspek tampilan e-module sehingga dapat dinyatakan bahwa e-module yang dibuat layak dijadikan sebagai media pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-module; karbohidrat; literasi kimia
Subjects: Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Syifa Ayugea Salsabila
Date Deposited: 27 May 2022 05:39
Last Modified: 27 May 2022 05:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51601

Actions (login required)

View Item View Item