Implementasi peraturan Presiden pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan dan stabilitas sistem keuangan negara untuk penanganan pandemi Covid-19 perspektif Siyasah Dusturiyah : Studi kasus pemberian bantuan sosial di kelurahan Ciamis kabupaten Ciamis

Rahmatillah, Rifyal (2022) Implementasi peraturan Presiden pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan dan stabilitas sistem keuangan negara untuk penanganan pandemi Covid-19 perspektif Siyasah Dusturiyah : Studi kasus pemberian bantuan sosial di kelurahan Ciamis kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya temuan keluhan dari masyarakat yang seyogiyanya layak mendapatkan bantuan sosial, namun tidak mendapatkan dengan alas an tidak teradta. Sehingga dalam penanganan pandemi covid-19 memiliki peluang yang sangat besar untuk terjadinya tindakan penyalahgunaan wewenang, sehingga ada indikasi bantuan sosial tidak sampai pada orang yang hak menerimanya. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mendeskripsikan latar belakang tidak tepat sasaran pemberian bantuan sosial pada masa pandemic covid-19 di kelurahan ciamis kabupaten ciamis. 2) untuk mendeskripsikan pemberian bantuan sosial akibat tidak tepat sasaran di kelurahan ciamis kabupaten ciamis dan 3) untuk mendeskripsikan analisis siyasah dusturiyah terhadap implementasi pemberian bantuan di kelurahan ciamis kabupaten ciamis. Teori yang menjadi kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh Wibawa bahwa implementasi kebijakan merupakan pengejawantahan mengenai kebijakan yang mendasar yang tertuang dalam undang-undang, teori kemaslahatan dang teori tanggungjawab negara juga berkaitan dengan siyasah dusturiyah sebagai pisau analisis yang berlaku. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, serta menggunakan pendekatan yuridis normatifempiris. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer di dukung dengan sumber data sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah; 1) sebagaimana diatur dalam Pasal 22 ayat (1) UUDN RI 1945. Maka dari itu dikeluarkan regulasi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 2) Perlu adanya regulasi yang mengatur dala Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan. 3) Dalam perspektif siyasah dusturiyah Peraturang Presiden Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 adalah sejalan dengan kebijakan pemerintah berdasarkan kaidah mengutamakan kemaslahatan umum harus diutamakan dari pada mementingkan kepentingan pribadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pandemi Covid-19; Bantuan Sosial.
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Rifyal Rahmatillah
Date Deposited: 26 May 2022 05:52
Last Modified: 26 May 2022 05:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51555

Actions (login required)

View Item View Item