Penerapan teknik Punishment untuk membina disiplin Shalat berjamaah santri: Penelitian deskriptif di Pondok Pesantren Sinar Asia Pasific Kabupaten Bogor

Muslimatusyifa, Denissa Fajriatul (2022) Penerapan teknik Punishment untuk membina disiplin Shalat berjamaah santri: Penelitian deskriptif di Pondok Pesantren Sinar Asia Pasific Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya berbagai persoalan yang terjadi di Pondok Pesantren terkait kedisiplinan santri dalam melaksanakan shalat berjamaah. Dalam melaksanakan shalat berjamaah para santri diharapkan dapat mengimplementasikan disiplin shalat berjamaah tersebut kedalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi masih terdapat beberapa santri yang masih lalai dalam melaksanakan shalat berjamaah. Teknik punishment lalu digunakan sebagai upaya pihak pesantren dalam mendisipinkan santri, juga sebagai alat atau stimulus agar dapat mendatangkan respon positif berupa kedisiplinan santri dalam shalat berjamaah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan dapat mendeskripsikan gambaran akan kondisi dan kegiatan santri di pondok pesantren, mengetahui penyebab santri kesulitan atau lalai dalam melaksanakan shalat berjamaah, dan mengetahui proses pemberian punishment yang dilakukan serta bentuk-bentuk punishment yang diberikan pada santri yang melanggar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar behaviorisme yaitu teori yang mengemukakan bahwa perubahan perilaku seseorang ialah hasil dari proses belajar yang dilakukan. Dalam teori behaviorisme ini terdapat sebuah unsur reward dan punishment yang merupakan pembelajaran untuk memberikan sebuah rangsangan yang berupa dorongan-dorongan dari pribadi seseorang agar termotivasi untuk mengerjakan suatu tugas atau tidak melakukan sesuatu yang dilarang dalam rangka pembentukan peribadi seseorang tersebut (Zamzami, 2015). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan teknik punishment dalam membina disiplin shalat berjamaah santri di Pondok Pesantren SinarAsia Pasific. Alasan menggunakan penelitian ini adalah agar penelitian ini dapat mendeskrispikan kenyataan secara benar, menguraikan, dan juga menggali lebih dalam tentang teknik punishment dalam membina disiplin shalat berjamaah santri. Dan diharapkan dapat memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan teknik punishment yang digunakan. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kedisiplinan santri dalam melaksanakan shalat berjamaah, seperti faktor yang datang dari diri sendiri berupa rasa malas, dan factor luar yang dapat mempengaruhi seperti factor lingkungan keluarga, teman, hukuman yang diberikan. Dalam prosesnya puhinsment juga diberikan langsung oleh pembimbing dari pihak pengasuhan kepada santri berupa hukuman berupa nasehat, squat jump, membersihkan masjid dan teguran tegas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesesuaian antara teori dan fakta yang ada di lapangan, namun belum sepenuhnya dapat mendisiplinkan santri dalam melaksanakan shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Punishment; Disiplin; Shalat Berjamaah
Subjects: Islam > Salat
Islam Umum > Muslim, Orang Islam, Imam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Denissa Fajriatul Muslimatusyifa
Date Deposited: 26 May 2022 06:06
Last Modified: 26 May 2022 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51549

Actions (login required)

View Item View Item