Bimbingan keluarga untuk membangun kecerdasan spiritual anak : Penelitian di kampung Tonjong Rw 005 Rt 001,002, 003 desa Sindangraja kecamatan Jamanis kabupaten Tasikmalaya

Nadia , Dina, UIN Sunan Gunung Djati Bandumg (2022) Bimbingan keluarga untuk membangun kecerdasan spiritual anak : Penelitian di kampung Tonjong Rw 005 Rt 001,002, 003 desa Sindangraja kecamatan Jamanis kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DARTAR ISI)
3 daftar isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 bab i.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DARTAR PUSTAKA)
8 daftar pustaka.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan bahwa peneliti menemukan keunikan ditengah-tengah fenomena yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat yang benar-benar sangat memprihatinkan dengan terjadinya krisis penurunan kecerdasan spiritual anak sehingga terjadi penurunan moral bagi anak. Kendati demikian, ternyata di Kampung Tonjong Rw 005 ini masih ada sebagian orangtua yang memperhatikan dalam membimbing dan mendidik anak-anaknya dengan mengutamakan aspek-aspek kecerdasan spiritual sehingga menyelamatkan kehidupan anak baik di masa kini atau di masa depan. Dalam menunjang menambah wawasan anak difasilitasi buku-buku tentang islam dan buku sains lainnya serta tontonan edukasi-edukasi yang dalam aktivitasnya mendapatkan pendampingan orangtua. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui: (1) upaya orangtua dalam menerapkan nilai kejujuran kepada anak, (2) upaya orangtua dalam menanamkan kepepatuhan kepada anak, (3) upaya orangtua dalam menanamkan rasa syukur kepada anak, (4) hasil dari bimbingan keluarga untuk membangun kecerdasan spiritual anak. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah teori bimbingan keluarga yang mana pada prosesnya orangtua sebagai pemberi bantuan, dengan memberikan bimbingan beserta nasihat-nasihat yang diberikan kepada seorang anak sebagi konseli yang bertujuan untuk membantu mencegah serta menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi, sehingga dapat mengoptimalkan potensi kecerdasan spiritual anak untuk keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk memberikan fakta yang akurat mengenai bimbingan keluarga untuk membangun kecerdasan spiritual anak di kampung Tonjong 005 Desa Sindangraja. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hal-hal yang harus dilakukan oleh orangtua selaku pembimbing yakni suatu pembiasaan dalam pengamalan kepada diri sendiri sebelum kepada anak selaku konseli, sehingga anak dapat meniru apa yang dilakukan orangtua dan ketika memberikan suatu nasihat-nasihat akan mudah didengar dan ditaati oleh anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan keluarga untuk membangun kecerdasan spiritual anak ini sudah efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keluarga; Kecerdasan Spiritual Anak; Proses Bimbingan
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dina Nadia
Date Deposited: 25 May 2022 08:03
Last Modified: 25 May 2022 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51523

Actions (login required)

View Item View Item