Pengaruh model Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap peningkatan pemahaman matematis dan Self Confidence peserta didik pada pelajaran matematika

Hoerunnisa, Hoerunnisa (2022) Pengaruh model Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap peningkatan pemahaman matematis dan Self Confidence peserta didik pada pelajaran matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis dan self confidence merupakan faktor penting dalam pembelajaran matematika. Karena itu, pembelajaran dengan model Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) menjadi salah satu solusi untuk mencapai hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) terhadap peningkatan pemahaman matematis dan self confidence peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII a dan VIII e di salah satu Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu gambaran keterlaksanaan aktivitas pembelajaran pada kelas yang menggunakan model pembelajaran C-MID dikategorikan dengan kualitas sangat baik; kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan model pembelajaran C-MID lebih baik dibandingkan yang menggunakan pembelajaran konvensional; Terdapat perbedaan pengaruh Self Confidence matematis peserta didik kelas yang menggunakan model pembelajaran C-MID dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional; Hasil wawancara dengan murid dan dilihat dari keterlaksanaan aktivitas pembelajaran dengan treatment model pembelajaran C-MID yang telah dilakspeserta didikan baik meskipun pembelajaran peserta didik dilaksanakan secara mix yaitu offline dan online. Oleh karena itu, model pembelajaran C-MID dapat digunakan pada pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matrematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman matematis; self confidence; C-MID; konvensionl.
Subjects: Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Hoerunnisa Hoerunnisa
Date Deposited: 25 May 2022 03:24
Last Modified: 25 May 2022 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51512

Actions (login required)

View Item View Item