Pembuatan Augmented Reality berbasis android pada praktikum larutan penyangga untuk meningkatkan kemampuan multipel representasi siswa

Salsabila, Nisrina Zulfa (2022) Pembuatan Augmented Reality berbasis android pada praktikum larutan penyangga untuk meningkatkan kemampuan multipel representasi siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, menganalisis hasil uji validasi dan uji kelayakan augmented reality berbasis android pada praktikum larutan penyangga untuk meningkatkan kemampuan multipel representasi siswa yang diberi nama Augmented Realiy of Buffer Experiment (ARBE). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Design Based Research (DBR) yang terdiri atas tahap analisis dan pengembangan. Tampilan pada ARBE tidak hanya menyajikan menu praktikum saja, namun terdapat lima menu lainnya yaitu menu petunjuk penggunaan, materi, kompentensi dasar, quiz yang disertai dengan kunci jawaban dan pembahasan, dan profil penyusun. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh empat validator memperoleh nilai rata-rata ¬rhitung 0,8482 dan dinyatakan valid, sedangkan uji kelayakan dilakukan secara terbatas kepada 31 siswa SMA IPA kelas XI memperoleh presentase rata-rata 82,14% menunjukkan bahwa augmented reality berbasis android pada praktikum larutan penyangga untuk meningkatkan kemampuan multipel representasi siswa sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: augmented reality;laboratorium virtual;larutan penyangga;media berbasis android;multipel representasi
Subjects: Education
Secondary Education
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nisrina Zulfa Salsabila
Date Deposited: 27 May 2022 05:35
Last Modified: 27 May 2022 05:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51466

Actions (login required)

View Item View Item