Penerapan model pembelajaran open-ended untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls

Ruhimat, Dede (2022) Penerapan model pembelajaran open-ended untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (650kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran yang menunjang proses kegiatan pembelajaran fisika pada materi momentum dan impuls yang diterapkan di SMA El-Fitra Bandung belum bisa membantu untuk mencapai indikator keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan di sekolah SMA El-Fitra masih menggunakan model pembelajaran ekpositori dan pembelajaran konvensional. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended Learning pada materi momentum dan impuls. Adapun prosedur penelitian yang dilakukan pada penelitian ini melalui tiga tahapan, yaitu 1) tahap perencanaan meliputi studi pendahuluan, merumuskan masalah, menentukan metode, desain, dan sampel penelitian, 2) tahap pelaksanaan meliputi pretest, penerapan dan observasi keterlaksanaan tahapan model Open-Ended Learning pada materi momentum dan impuls, posttest, 3) tahap penutup meliputi pengolahan dan analisis data hasil penelitian, pembahasan data hasil penelitian, dan membuat kesimpulan hasil penelitian. Adapun data hasil penelitian yaitu 1) data keterlaksanaan tahapan model open-ended learning dengan menggunakan lembar observasi pada tiga pertemuan nilai rata-rata 83% dikategorikan sangat baik, analisis LKPD, 2) analisis model pembelajaran open-ended learning terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls dengan N-Gain 0,62 dengan kategori sedang, pengujian hipotesis penelitian meliputi uji normalitas Pretest dan Posttest, uji hipotesis. 3) berdasarkan hasil penelitian lapangan yang telah dilakukan didapat bahwa model pembelajaran open-ended learning dapat meningkatkan keterampilan pemecahan peserta didik pada materi momentum dan impuls

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; pemecahan masalah; momentum; impuls
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dede Ruhimat
Date Deposited: 24 May 2022 07:50
Last Modified: 24 May 2022 08:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51443

Actions (login required)

View Item View Item