Peran Smile Motivator dalam pemberdayaan interaksi sosial disabilitas : Penelitian Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Bandung

Febriani, Verina (2022) Peran Smile Motivator dalam pemberdayaan interaksi sosial disabilitas : Penelitian Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan sosial merupakan impian setiap orang dalam hidup namun untuk mendapatkan kesejahteraan tersebut memerlukan proses, terkadang ekspetasi tak sesuai dengan realita menimbulkan kesenjangan sosial, seperti pada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) berbagai masalah seperti faktor kemiskinan, pengangguran, kriminalitas, kesehatan yang kurang menjadi beberapa permasalah di negeri ini ditengah pembangunan penanggulangan masalah sosial terkadang kita terlupakan bahwa penyandang disabilitas pun perlu disejahterahkan kehidupannya ketidakberdayaan mereka yang menghambat untuk menjalankan fungsi sosialnya di masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran organisasi nirlaba dalam memperhatian isu yang berada pada masyarakat mengenai pemberdayaan disabilitas untuk meningkatkan interaksi sosial guna menjadi berdaya untuk menjalankan fungsi sosial dimasyarakat melalui yayasan log in foundation di Smile Motivator. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah grand theory menurut Talcott Parson dengan teori struktural fungsional menggunakan konsep skema A-G-I-L yang didalamnya perubahan sosial para penyandang disabilitas Adaptasi (perilaku), Goal Attaintment (Sistem kepribadian), Integration (sistem sosial), Latency ( sistem kultural) yang menghasilkan peekembangan dari yang tidak berdaya menjadi berdaya pada pengembangan interaksi sosial. Metode yang digunakan dipenelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa analisis deskriptif, untuk menjelaskan gambaran yang terjadi pada fenomena ini. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi partisipasi yang nantinya dianalasis dengan mereduksi data, sajian data dan verifikasi menarik kesimpulan data-data dilapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Smile Motivator mampu memberikan dampak positif melalui program-program pemberdayaan dibidang kesenian seperti program unggulannya menari dan teater mampu meningkatkan interaksi sosial bagi penyandang disabilitas mulai dari kepercayaan diri, suara dan pelaffalan vokal mudah dipahami dan jelas melalui proses interaksi assosiatif berinteraksi di lingkungan smile motivaator dan interaksionisme simbolik yang mampu memberikan pesan inspirasi dan motivasi dalam setiap pagelaran seninya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan; Disabilitas; Interaksi; Kesejahteraan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Social Groups > Disabled Persons
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Verina Febriani
Date Deposited: 24 May 2022 06:00
Last Modified: 24 May 2022 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51437

Actions (login required)

View Item View Item