Rancang bangun pengaturan kecepatan motor Brushless Direct Current (BLDC) menggunakan kendali PID pada mobil listrik

Apipudin, Ade (2021) Rancang bangun pengaturan kecepatan motor Brushless Direct Current (BLDC) menggunakan kendali PID pada mobil listrik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Mobil listrik sebagai inovasi terkin dengan tujuan untuk melepaskan ketergantungan pada bahan bakar minyak.). Motor BLDC mempunyai beberapa keungggulan yang menjadikannya motor listik yang baik untuk mobil listrik. Keunggulan motor BLDC diantaranyya ialah efesiensi tinggi, masa operasi lebih panjang, perawatan yang rendah, serta memilki putaran yang halus sehingga kebisingan yang dihasilkanpun rendah. Dalam pemakaian motor kadang kala diinginkan putaran yang bias diatur sesuai dengan putaran beban dengan perpindahan putaran yang halus. Dengan begitu dibutuhkan pengendali untuk mengatur putaran motor tersebut. Salah satunya yaitu dengan kontrol PID. PID ialah kombinasi dari tiga macam kendali yakni Proporsional, Integral dan Derivative. Perancangan kendali dilakukan dengan memodelkan motor BLDC pada aplikasi SysId Matlab untuk dapat melihat respon sistem pada saat diberikan intput PWM. Motor BLDC merespon nilai PWM mulai dari 51 sampai dengan 255 atau setara dengan tegangan 1,005 volt sampai dengan 5 volt. Setelah memodelkan motor pada aplikasi SysId Matlab kemudian didapatkanlah fungsi transfer sistem dalam orde satu. Fungsi transfer sistem ini digunakan untuk dapat menentukan nilai Kp, Ki dan juga Kd dengan kondisi ideal tanpa saturasi. Kemudian dilakukanlah simulasi sistem kendali PID dengan fungsi transfer sistem sehingga diperoleh respon yang mencapai kestabilan dengan nilai rise time 1,32 second, settling time 3,49 second dan overshoot 2,72 %. Sehingga didapatkan nilai Kp=79,841,Ki=0,91891 dan K_d = -22,466. ENGLISH : Electric cars as the latest innovation with the aim of releasing dependence on fuel oil.). The BLDC motor has several advantages that make it a good electric motor for electric cars. The advantages of BLDC motors include high efficiency, longer operating life, low maintenance, and smooth rotation so that the noise produced is low. In the use of motors, it is sometimes desirable to have a rotation that can be adjusted according to the rotation of the load with a smooth rotational displacement. Thus, a controller is needed to regulate the rotation of the motor. One of them is with PID control. PID is a combination of three types of control, namely Proportional, Integral and Derivative. The control design is carried out by modeling the BLDC motor on the SysId Matlab application to be able to see the system response when PWM input is given. BLDC motors respond to PWM values ranging from 51 to 255 or equivalent to a voltage of 1.005 volts to 5 volts. After modeling the motor in the SysId Matlab application, the first order transfer function is obtained. The transfer function of this system is used to determine the value of Kp, Ki and also Kd under ideal conditions without saturation. Then a simulation of the PID control system with the transfer function of the system is carried out so that a response that reaches stability is obtained with a rise time of 1.32 second, settling time of 3.49 second and overshoot of 2.72%. So that the value of Kp = 79.841, Ki = 0.91891 and K_d = -22.466.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BLDC Motor; PID; PWM
Subjects: Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Ade Apipudin
Date Deposited: 24 May 2022 04:18
Last Modified: 24 May 2022 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51434

Actions (login required)

View Item View Item