Hubungan supervisi manajerial kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Swasta ter-akreditasi A se-Kabupaten Bandung

Hanifah, Anisa Nurul (2021) Hubungan supervisi manajerial kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Swasta ter-akreditasi A se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Supervisi manajerial kepala madrasah menitikberatkan pada pemantauan, pembinaan, dan pembimbingan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran. Untuk membantu dalam terlaksananya kegiatan pembelajaran, tidak hanya kepala madrasah dan guru saja yang memiliki andil cukup besar tetapi tenaga kependidikan khususnya tenaga administrasi madrasah (TAM) juga sangat berperan penting dalam tercapainya tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, kepala madrasah sebagai pengelola satuan pendidikan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan kegiatan pendidikan di madrasahnya secara keseluruhan, salah satunya melalui supervisi manajerial yang dilakukan oleh kepala madrasah untuk memantau kinerja yang dilakukan oleh tenaga kependidikannya. Karena berhasil atau tidaknya suatu lembaga pendidikan banyak bergantung dari bagaimana tenaga kependidikan mengelola lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan supervisi manajerial kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta ter-Akreditasi A se-Kabupaten Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 65 sampel kepada tenaga kependidikan yang tersebar di 15 Madrasah Tsanawiyah Swasta ter-Akreditasi A se-Kabupaten Bandung, dengan menggunakan kuesioner model skala likert sebagai data primer yang disebar melalui sistem daring dengan menggunakan media WhatsApp untuk tenaga kependidikan yang tersebar di 15 Madrasah Tsanawiyah Swasta ter-Akreditasi A se-Kabupaten Bandung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling yakni melakukan randomisasi terhadap kelompok, bukan terhadap subjek secara individual, atau teknik pengambilan sampel yang dimana tiap-tiap unit dikumpulkan sebagai satu kumpulan atau cluster. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana yaitu alat uji statistik dalam penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sehingga dapat diambil kesimpulan apakah masalah yang diteliti terdapat hubungan yang linear dan signifikan. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan supervisi manajerial kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta ter-Akreditasi A se-Kabupaten Bandung. Dengan diperoleh nilai koefisien sebesar 0,496 atau 49,6 %. Dan mendapatkan hasil signifikansi antara keduanya diperoleh 0,000 < 0,05. Maka dapat di artikan bahwa variabel X memiliki hubungan yang linear secara positif dan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, hal ini memberikan arti bahwa ada hubungan positif dan terarah dari variabel hubungan supervisi manajerial kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Manajerial; Kepala Madrasah; Kinerja Tenaga Kependidikan
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisa Nurul Hanifah
Date Deposited: 25 May 2022 00:44
Last Modified: 25 May 2022 00:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51418

Actions (login required)

View Item View Item