Manajemen program Pesona Indonesia di TVRI Jawa Barat : Studi deskriptif kualitatif pada manajemen program Pesona Indonesia di TVRI Jawa Barat

Mulyani, Heni (2022) Manajemen program Pesona Indonesia di TVRI Jawa Barat : Studi deskriptif kualitatif pada manajemen program Pesona Indonesia di TVRI Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangnya media massa khususnya televisi di Indonesia mendorong statsiun televisi menayangkan dan membuat program-program menarik minat seluruh masyarakat dalam bentuk program acara yang bersifat menghibur tetapi kurang mendidik. Menanggapi masalah ini beberapa stasiun televisi mempertahankan dan menjaga perannya sebagai media massa yang mendidik, menghibur serta informatif pada setiap programnya. Program berita adalah salah satu tempat diproduksinya bebagai informasi yang penting guna memenuhi kebutuhan informasi di seluruh lapisan masyarakat. Sebuah proses produksi berita hard news maupun soft news harus memiliki Standard Operational Procedure (SOP) yang harus dilakukan secara ketat dan tersusun rapi oleh setiap individu yang terlibat dalam proses praproduksi, produksi serta pasca produksi. Penelitian yang dilakukan akan membahas proses produksi dalam sebuah program acara feature Pesona Indonesia di TVRI Jawa Barat sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Fred Wibowo mengenai proses produksi yang didalamnya menjelaskan bahwa dalam proses produksi yang sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) terdiri dari 3 bagian yaitu pra-produksi, produksi, sampai pasca produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Teknik pengumpulaan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi kepada lima informan program Pesona Indonesia di TVRI Jawa Barat. teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengungkap bahwa : 1. Proses praproduksi terdiri dari rapat produksi guna menentukan tema/materi, narasumber, melakukan riset kecil,rencana shooting, menyiapkan perlaratan, serta penentuan sumber daya manusia sesuai profesi. 2. Proses produksi akan dilakukan proses wawancara guna melengkapi materi serta pengambilan gambar di lokasi. 3. Pasca produksi yang terdiri dari merekam suara (dubbing) oleh seseorang sesuai dengan naskah yang sudah disetujui oleh produser, editor akan melakukan editing (penyatuan antara narasi dan gambar (video)), menonton kembali video yang sudah selesai (preview) guna meminimalisir kesalahan serta penayangan setiap tanggal 10 di TVRI Nasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: proses produksi; program; TVRI Jawa Barat;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Heni Mulyani
Date Deposited: 23 May 2022 07:49
Last Modified: 23 May 2022 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51336

Actions (login required)

View Item View Item