Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi peraturan daerah kota Sukabumi nomor 9 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan pelayanan publik : Studi kasus kecamatan Lembursitu

Wibawa, Tegar Fazry Buana (2022) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi peraturan daerah kota Sukabumi nomor 9 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan pelayanan publik : Studi kasus kecamatan Lembursitu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah berkaitan dengan implementassi pelayanan publik yang masih ditemukan tidak relevan dengan prosedur yang ada seperti KTP dan KK sehingga, menimbulkan kehancuran terhadap lembaga. Karena, pemberian pelayanan kepada masyarakat merupakan kewajiban utama bagi pemerintah. suatu negara yang berdasarkan hukum atau peraturan-peraturan dalam setiap pemerintahannya, warga negaranya wajib tunduk dalam aturan-aturan yang ada di negara tersebut. Hukum yang diciptakan menjamin dan melindungi hak-hak warganya, baik di bidang sipil dan politik maupun di bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Untuk melindungi hak setiap warga, pemerintah harus melayani hak-hak warga dengan baik agar terbentuk negara yang sejahtera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketentuan pelayanan publik berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku serta bagaimana aturan tersebut diimplementasikan. Kemudian, bagaimana siyasah dusturiyah memandang ketentuan hukum aturan tersebut. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah menggunakan teori implementasi kebijakan publik yang berkaitan dengan siyasah dusturiyah sebagai pisau analisis yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, serta menggunakan pendekatan yuridis empiris. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer di dukung dengan sumber data sekunder dan tersier. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini bahwa proses pelayanan publik di Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi adalah pertama, proses pelayanan publik di Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi melayani berbagai administrasi berupa pelayanan KTP, KK, serta menjadi kurang mewakilkan bagi masyarakat untuk melakukan registrasi. Kedua, upaya yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi dalam melayani masyarakat adalah dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia pegawai atau pelaksana, kemudian Sumber Daya Fasilitas dan penunjang lain untuk memudahkan proses pelayanan publik. Ketiga, berdasarkan tinjauan siyasah dusturiyah, prinsip keadilan, dan prinsip musyawarah pelayanan publik di Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi berjalan sesuai dengan ajaran Islam guna melayani masyarakat sebagai khadimulummah untuk mendapatkan kemaslahatan bagi semua elemen masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pelayanan Publik; Siyasah Dusturiyah.
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Tegar Fazry Buana Wibawa
Date Deposited: 23 May 2022 02:22
Last Modified: 23 May 2022 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51335

Actions (login required)

View Item View Item