Efektivitas program Kartu Jakarta Pintar terhadap penerima manfaat di Sekolah Dasar Islam Terpadu ANNUR Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres Jakarta Barat

Amalina, Siti Nur (2022) Efektivitas program Kartu Jakarta Pintar terhadap penerima manfaat di Sekolah Dasar Islam Terpadu ANNUR Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari tingkat efektivitas suatu program yang dibuat oleh pemerintah untuk mendapatkan pendidikan secara merata khususnya untuk peserta didik dari keluarga yang kurang mampu. Program ini disebut dengan program Kartu Jakarta Pintar. Tujuan dibuatnya program ini adalah untuk memfasilitasi peserta didik memenuhi kebutuhan pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketepatan sasaran program Kartu Jakarta Pintar di Sekolah Dasar Islam Terpadu ANNUR Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, (2) ketepatan waktu program Kartu Jakarta Pintar di Sekolah Dasar Islam Terpadu ANNUR Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, (3) keberhasilan Program Kartu Jakarta Pintar di Sekolah Dasar Islam Terpadu ANNUR Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Teori Fungsional Struktural (AGIL) Talcott Parsons (1902-1979), teori ini digunakan untuk melihat efektivitas program Kartu Jakarta Pintar (KJP) di Sekolah Dasar Islam Terpadu ANNUR Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Parsons menjelaskan Parsons meyakini bahwa perkembangan yang terjadi di masyarakat sanagat berkaitan dengan perkembangan keempat unsur subsistem, yaitu pendidikan, integrase, pencapaian tujuan, dan adaptasi. Upaya sistematik dan fungsional Parsons dilakukan dengan cara memperluas strategi analisis fungsional. Hasilnya adalah skematisasi A-G-I-L. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu efektivitas Program Kartu Jakarta PIntar (KJP) terhadap penerima manfaat di Sekolah Dasar Islam Terpadu ANNUR Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres Jakarta Barat dalam pencapaian tujuannya program tKJP ini sudah berhasil dan telah membantu peserta didik dari keluarga kurang mampu yang tentunya sudah sesuai dengan kriteria calon penerima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pendidikan: Kartu Jakarta Pintar
Subjects: Education > Sociology of Education
Education > Organization of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Private Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Nur Amalina
Date Deposited: 20 May 2022 02:20
Last Modified: 20 May 2022 02:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51274

Actions (login required)

View Item View Item