Pola bimbingan organisasi kepemudaan dalam menanggulangi kenakalan remaja anggota geng motor : Studi kasus KNPI Kecamatan Coblong

Amirullah, Yusuf (2022) Pola bimbingan organisasi kepemudaan dalam menanggulangi kenakalan remaja anggota geng motor : Studi kasus KNPI Kecamatan Coblong. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB1)
4_BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB2)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB4)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kondisi remaja generasi penerus bangsa yang semakin marak terdengar kasus kenakalan remaja seperti melakukan seks bebas, meminum minuman keras, tawuran dan terlibat dalam kasus kasus narkoba yang dibuktikan dengan beberapa jurnal atau berita seputar kenakalan remaja anggota geng motor di Bandung. Begitupun dengan angka kenakalan remaja anggota geng motor yang terjadi di Kecamatan Coblong yang hampir setiap bulan bahkan setiap minggu ada kasus tawuran. Salah satu upaya untuk menanggulangi kenakalan remaja tersebut dengan berperannya Organisasi Kepemudaan yang salah satu programnya adalah pemeberdayaan pemuda atau remaja dengan bertujuan generasi muda memiliki kegiatan yang lebih produktif dan dan bermanfaat bagi diri remaja maupun negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perekrutan remaja anggota motor, proses bimbingan dan pemberdayaan yang dilakukan OKP dalam menanggulangi kenakalan remaja anggota geng motor di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran kenakalan remaja dan pola bimbingan terhadap anak merupakan upaya pemberitahuan kepada individu atau anggota keluarga dan orang tua dalam upaya membatu mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh perilaku anak remaja, sehingga kenakalan remaja dapat dihindari. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan wawancara tertulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola bimbingan yang dilakukan KNPI Kecamatan Coblong Kota Bandung mampu menanggulangi kenakalan remaja anggota geng motor. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya anggota remaja geng motor mengikuti program-progam dari KNPI Pk. Coblong sehingga remaja anggota geng motor tersebut tidak lagi terdengar terlibat dalam kasus tawuran, balapan liar, meminum minuman keras dan skasus hubungan seks diluar nikahpun mulai tidak terdengar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola pimbingan oraganisasi kepemudaan; menanggulangi; kenakalan remaja; anggota geng motor
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yusuf Amirullah
Date Deposited: 19 May 2022 06:16
Last Modified: 19 May 2022 06:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51252

Actions (login required)

View Item View Item