Hubungan manajemen tenaga pendidik dengan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Garut

Fatimah, Nurul Siti (2020) Hubungan manajemen tenaga pendidik dengan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di MTsN 3 Garut bahwa dalam proses pelaksanaan manajemen tenaga pendidik, dilakukan secara tertutup, dan keputusan hanya berada di tangan kepala sekolah. Serta dalam proses penempatan, tenaga pendidik ditempatkan tidak sesuai dengan keahliannya. Tetapi mutu pembelajaran yang ada di MTs 3 Garut sudah baik, hal tersebut terlihat dari jumlah peserta didik yang setiap tahunnya semakin meningkat, banyak prestasi-prestasi yang diraih oleh peserta didik, serta banyaknya lulusan MTsN 3 Garut yang diterima di sekolah negeri dan perguruan tinggi. Kondisi demikian merupakan masalah yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) untuk mendeskripsikan manajemen tenaga pendidik di MTsN 3 Garut, 2) untuk mendeskripsikan mutu pembelajaran di MTsN 3 Garut, 3) untuk mendeskripsikan hubungan antara manajemen tenaga pendidik dengan mutu pembelajaran di MTsN 3 Garut. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka salah satu faktor yang harus diperhatikan yaitu manajemen tenaga pendidik. Manajemen tenaga pendidik merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan guna menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki integritas, professional, serta dapat menciptakan pembelajaran yang bermutu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian terdiri dari seluruh tenaga pendidik yang ada di MTsN 3 Garut, dengan jumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yaitu melalui kuesioner yang disajikan dalam bentuk google formulir. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, dan uji hipotesis. Untuk mempermudah dalam melakukan penghitungan maka digunakan bantuan program komputer Microsoft excel dan program SPSS 26 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Manajemen tenaga pendidik yang dilihat dari hasil penilaian 28 responden berada dalam kategori sedang, yaitu sebesar 46,4%. 2) Mutu pembelajaran yang dilihat dari hasil penilaian 28 responden juga berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 53,6%. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen tenaga pendidik dengan mutu pembelajaran di MTsN 3 Garut. Hal tersebut dilihat dari harga koefisien korelasi sebesar 0,712 yang berada pada tingkat hubungan yang kuat/tinggi karena berada pada interval koefisien 0,600-0,799. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 114,625 > ttabel = 2,056 maka dapat diinterpretasikan bahwa alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen tenaga pendidik dengan mutu pembelajaran di MTsN 3 Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Tenaga Pendidik; Mutu Pembelajaran; Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Garut
Subjects: Education
Depositing User: Nurul Siti Fatimah
Date Deposited: 19 May 2022 04:33
Last Modified: 19 May 2022 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51210

Actions (login required)

View Item View Item