Digital Government dalam pelayanan kependudukan melalui aplikasi SAKEDAP di Kabupaten Bandung

Fadillah, Nadiya Asyri Nur (2022) Digital Government dalam pelayanan kependudukan melalui aplikasi SAKEDAP di Kabupaten Bandung. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 2 (12). ISSN 2722-9475 (Cetak) 2722-9467 (Online)

[img]
Preview
Text (Artikel ini membahas secara rinci tentang Digital Government Dalam Pelayanan Kependudukan Melalaui Aplikasi SAKEDAP Di Kabupaten Bandung.)
Artikel - Nadiya Asyri Nur Fadillah - 1188010149 - Administrasi Publik.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
Official URL: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan digital government dalam pelayanan kependudukan melalui aplikasi SAKEDAP (Sistem Pelayanan Kependudukan Terpadu) di Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara secara mendalam kepada informan, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan digital government dalam pelayanan kependudukan melalui aplikasi SAKEDAP sudah terbilang efektif karena dapat memangkas waktu dan biaya proses permohonan dokumen, meningkatkan pelayan kepada masyarakat, serta dapat menghindari praktek pungutan liar dan percaloan. Akan tetapi penerapannya belum sepenuhnya optimal karena masih ditemukan beberapa hambatan seperti kurangnya SDM yang bertugas dalam mengelola proses pelayanan kependudukan. Selain itu, karena Kabupaten Bandung merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak ke 2 se Jawa Barat, jadi masih banyak masyarakat yang belum tahu dan belum memahami aplikasi SAKEDAP karena sosialisasi yang dilakukan masih kurang dan belum merata khususnya di daerah-daerah terpencil yang ada di Kabupaten Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Digital Government; Pelayanan Kependudukan; SAKEDAP
Subjects: Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nadiya Asyri Nur Fadillah
Date Deposited: 18 May 2022 00:47
Last Modified: 18 May 2022 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51206

Actions (login required)

View Item View Item