Hubungan aktivitas siswa membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) : Penelitian terhadap siswa kelas VII-L SMPN 1 Cileunyi

Nurjanah, Nisa (2022) Hubungan aktivitas siswa membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) : Penelitian terhadap siswa kelas VII-L SMPN 1 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembiasaan aktivitas siswa yaitu membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran di SMPN 1 Cileunyi disetiap harinya yang dilaksanakan serentak dan dipimpin oleh guru PAI-BP menggunakan media speaker. Dengan adanya pembiasaan aktivitas ini seharusnya siswa bisa membaca Al-Qur’an dan dapat diaktualisasikan pula ketika pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang sangat berhubungan erat dengan Al-Qur’an saat proses belajar mengajar di dalam kelas. Penyusun tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas sebelum pembelajaran hubungan aktivitas siswa membaca Al-Qur'an sebelum pembelajaran dengan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (PAI-BP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realiatas aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan membaca Al Qur’an sebelum pembelajaran, 2) realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI-BP, 3) realitas hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan membaca Al Qur’an sebelum pembelajaran dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI-BP. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI-BP salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas siswa terhadap membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas siswa terhadap membaca Al-Qur’an, maka semakin baik pula hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI-BP begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi yang berlokasi di SMP Negeri 1 Cileunyi di kelas VII-L. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) aktivitas siswa membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran berkategori tinggi yaitu 4,10 yang berada pada interval 3,40- 4,19. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) berkategori baik, dengan nilai rata-rata 78,93 yang berada pada interval 70-79. 3) Berdasarkan perhitungan analisis koefisien korelasinya sebesar 0,47 berkategori sedang atau cukup yang berada pada interval 0,40-0,60. Begitupun dengan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,58 dan ttabel dengan derajat kebebasan 33 pada taraf signifikan 5% sebesar 1,69. Maka thitung (2,58) > ttabel (1,69). Dengan demikian, hipotesis (Ha) diterima, yang artinya terdapat hubungan antara aktivitas membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa Membaca Al-Qur’an; Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisa Nurjanah
Date Deposited: 17 May 2022 06:59
Last Modified: 17 May 2022 06:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51141

Actions (login required)

View Item View Item