Sinergitas organisasi dalam perspektif bimbingan sosial untuk pengembangan sumber daya insani: Penelitian pada pimpinan daerah Ormas Mathla’ul Anwar Kabupaten Garut

Nurulum, Bagus Hilman (2022) Sinergitas organisasi dalam perspektif bimbingan sosial untuk pengembangan sumber daya insani: Penelitian pada pimpinan daerah Ormas Mathla’ul Anwar Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan bimbingan dalam situasi dan kondisi aktual yang menunjukkan kemunculan berbagai fenomena kemerosotan akhlak dan prilaku sosial yang menyimpang di lingkungan masyarakat, dilain sisi tantangan ini tidak bisa dijawab tanpa adanya upaya-upaya yang sinergis dalam menghadapi problematika yang ada. Mengingat dalam sejarah pembangunan Indonesia, bahwa organisasi masyarakat berperan penting pada perkembangannya terutama menjadi agen perubahan sosial dan penyedia SDM bagi pemerintahan ditataran kenegaraan. Oleh karenanya diperlukan penelitian terkait sinergi organisasi yang dimungkinkan dapat menjawab problematika sosial di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui proses sinergi (komunikasi dan koordinasi) pada organisasi masyarakat Mathla’ul Anwar dalam pengembangan Sumberdaya Insani, mengetahui proses sinergi yang dilakukan dengan menggunakan kerangka bimbingan sosial, serta mengetahui hasil dari sinergitas itu sendiri terutama dalam upaya-upaya pengembangan Sumber Daya Insani pada organisasi Mathla’ul Anwar Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan teori Sintalitas Kelompok yang digagas oleh Cattel, sebagaimana didalamnya dinyatakan bahwa suatu kelompok haruslah memiliki kepribadian yang dapat dipelajari. Teori sintalitas kelompok ini merupakan induk dari konsep sinergitas/sinergi, yang tentu didalamnya membahas terkait kepribadian kelompok, pola interaksi organisasi, dan komunikasi organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah yaitu kualitatif dengan model deskriptif atau lebih dikenal dengan sebutan kualitatif-deskriptif. Sementara teknik dalam pengumpulan datanya ialah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa proses sinergitas organisasi Mathla’ul Anwar kabupaten Garut dilakukan dengan baik dan efektif, kegiatan komunikasi dan koordinasi yang dilakukan ialah dengan memaksimalkan fungsi alat komunikasi dan media sosial Whatsapp. Sinergitas organisasi Mathla’ul Anwar dalam kerangka bimbingan sosial mencakup pemberdayaan aspek fisik, SDM, dan anggaran yang kemudian diwujudkan dalam program sosial keagamaan. Hasil sinergitas organisasi dalam pengembangan SDI berupa kemampuan problem solving yang baik, kelibat aktifan dengan peran pemerintah, dan terbangunnya jaringan komunikasi dengan berbagai unsur baik secara personal maupun kelembagaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sinergi; Bimbingan Sosial; Pengembangan Sumber Daya Insani
Subjects: General Organizations in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Bagus Hilman Nurulum
Date Deposited: 17 May 2022 02:24
Last Modified: 17 May 2022 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51134

Actions (login required)

View Item View Item