Dampak pandemi Covid-19 terhadap perubahan perilaku sosial dan ekonomi pada masyarakat: Penelitian di Perumahan Permata Legenda 2, Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi

Erlangga, Muhammad Rafi Elang (2022) Dampak pandemi Covid-19 terhadap perubahan perilaku sosial dan ekonomi pada masyarakat: Penelitian di Perumahan Permata Legenda 2, Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya perubahan perilaku sosial dan ekonomi masyarakat yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Adanya Covid-19 ini memberikan pengaruh yang sangat besar pada kehidupan masyarakat dari berbagai aspek, salah satunya adalah aspek sosial dan ekonomi. Dalam aspek sosial, pandemi mengubah perilaku masyarakat seperti membatasi berbagai macam interaksi langsung demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Dalam aspek ekonomi, banyaknya mayarakat terutama di Perumahan Permata Legenda 2yang berprofesi sebagai karyawan mengalami rampingan pegawai hingga PHK sepihak.Dalam Penelitian yang dilakukan, Penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan perilaku sosial ekonomi di Perumahan Permata Legenda 2 hingga cara masyarakat beradaptasi setelah adanya pandemi hingga sistem New Normal dengan menggunakan Teori Struktural Fungsional Talcot Parson, dengan empat fungsi yang dikatakan oleh parson yaitu, AGIL dalam singkatan merupakan Adaptation yaitu cara stuktur masyarakat beradaptasi dengan subsistem masyarakat setempat, Goal Attainment merupakan tujuan yang dicapai oleh stuktur masyarakat terhadap pola hidup masyarakat, Integritas adalah proses penyatuan sub sistem dan struktur masyarakat dalam mencapai tujuan dan terakhir yaitu Latent maintence yang merupakan proses pemeliharaan pola yang sudah dilakukan oleh struktur masyarakat agar tujuan yang dicapai tetap dapat bertahan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari data primer yaitu Masyarakat Perumahan Permata Legenda 2. Sementara data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui Wawancara mandalam terhadap narasumber, observasi dan juga studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya aturan baru yaitu New Normal mulai menata kembali kondisi ekonomi masyarakat Perumahan Permata Legenda 2 khususnya yang berprofesi sebagai karyawan yang beralih menjadi UMKM maupun wirausaha yang terhambat berjualan karena dibatasi. Kemajuan teknologi juga membantu cara berjualan masyarakat di tengah pandemi seperti ini, masyarakat dapat berjualan secara online dan di pasarkan melalui sosial media maupun e-commerce. Para pedagang yang tidak bisa melakukan transaksi jual beli secara online seperti para pedagang pasar juga terbantu dengan adanya sistem New Normal ini. Dengan adanya pandemi ini masyarakat juga bisa lebih menjaga kebersihannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Perubahan Perilaku; New Normal
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Rafi Elang Erlangga
Date Deposited: 13 May 2022 08:26
Last Modified: 13 May 2022 08:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51120

Actions (login required)

View Item View Item