Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan keberhasilan program bank sampah: Studi deskriptif di Lingkungan RW 002 Kelurahan Tegal Ratu Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon

Elziyawati, Elzy (2022) Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan keberhasilan program bank sampah: Studi deskriptif di Lingkungan RW 002 Kelurahan Tegal Ratu Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Sampah merupakan masalah sosial yang sering terjadi dikalangan masyarakat. Pemikiran masyarakat indonesia yang menganggap bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak berguna dan memiliki manfaat dan menyebabkan penumpukan sampah. Padahal sampah akan bermanfaat dan menjadi nilai jual apabila dikelola dengan baik oleh masyarakat. Edukasi kesadaran dan keterampilan akan menjadikan masyarakat lebih peduli dan ikut berpartisipasi dalam pengambilan manfaat dari sampah. bank sampah berbasiskan partisipasi warga perempuan merupakan langkah awal untuk pengelolaan berbasis masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi dan kepedulian masyarakat RW.002 terhadap keberhasilan program bank sampah di lingkungan RW.002 Kelurahan Tegal Ratu Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut Cohen dan Uphoff yang dikutip oleh Siti Irene Astuti D membedakan patisipasi menjadi empat jenis, yaitu: partisipasi dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pengambilan pemanfaatan dan partisipasi dalam evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sehingga data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, kategorisasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa masyarakat sangat peduli lingkungan dan menerima serta berpartisipasi terhadap keberhasilan program Bank Sampah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa program Bank sampah berpengaruh positif yang ditandai dengan keikut sertaan masyarakat RW.002 dan berkurangnya sampah yang berserakan di lingkungan akibat kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk mengumpulkan serta menabung di bank sampah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Bank Sampah; Masyarakat
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elzy Elziyawati
Date Deposited: 13 May 2022 08:01
Last Modified: 13 May 2022 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51117

Actions (login required)

View Item View Item