Pengaruh Labelling siswa IPS terhadap perilaku menyimpang siswa : Penelitian terhadap siswa IPS kelas XII SMAN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung tahun ajaran 2020/2021

Muharrom, Taufik (2022) Pengaruh Labelling siswa IPS terhadap perilaku menyimpang siswa : Penelitian terhadap siswa IPS kelas XII SMAN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung tahun ajaran 2020/2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa IPS tentunya dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya labelling negatif terhadap Siswa IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh labeling siswa IPS terhadap perilaku menyimpang siswa IPS di SMAN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis adalah teori labelling dari Edwin M. Lemert, yaitu mengenai pemberian labelling (cap, julukan, etiket) yang bisa mempengaruhi perilaku menyimpang pada seseorang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa IPS kelas XII tahun ajaran 2020/2021 di SMAN 1 Cicalengka. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan Labelling Siswa IPS terhadap Perilaku Menyimpang Siswa yang diperoleh melalui nilai t hitung 5, 853 > 2,004 t tabel, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Labelling Siswa IPS mampu mempengaruhi Perilaku Menyimpang Siswa IPS di SMAN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung dengan kriteria pengaruh yang rendah, yaitu sebesar 38,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Labelling; Siswa IPS; Perilaku Menyimpang
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Taufik Muharrom
Date Deposited: 17 May 2022 01:30
Last Modified: 17 May 2022 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51108

Actions (login required)

View Item View Item