City Branding melalui aplikasi Sampurasun : Studi analisis deskriptif Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta

Hikmah, Nuri Yatul (2022) City Branding melalui aplikasi Sampurasun : Studi analisis deskriptif Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy

Abstract

City branding terkait bagaimana sebuah kota dipasarkan dengan memunculkan identitas dan karakteristik khas-nya agar memiliki pembeda dibandingkan kota-kota lainnya. Trend city branding membuat setiap kota melalui perangkat pemerintahannya berupaya membuat positioning agar kota tersebut dapat dikenali baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Sektor pariwisata menjadi daya tarik dan potensi yang dapat membantu memperkenalkan sebuah kota secara lebih luas, demikian yang dilakukan Kabupaten Purwakarta sebagai kota yang sempat dijuluki kota pensiun menjadi kota wisata yang berakar pada tata nilai budaya Sunda dan memiliki branding sebagai “Purwakarta Pesona Sunda”. Penguatan branding kota perlu dilakukan mengingat semakin pesatnya pesaingan dewasa ini, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta sebaagai pelaksana branding kota melakukan inovasi dalam branding kota dengan memanfaatkan media baru berupa aplikasi sebagai tour guide pariwisata dan diberi nama Sampurasun. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui langkah pembentukan city branding Kabupaten Purwakarta. Konsep Mike Moser digunakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta dalam membangun branding Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi secara deskriptif dan menggunakan paradigma konstruktivistik dengan dibantu data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur dan observasi secara langsung dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya kegiatan city branding Kabupaten Purwakarta yang dilakukan oleh Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta mencakup empat langkah yakni penciptaan nilai merek inti, penciptaan pesan merek inti, penentuan kepribadian merek, dan penentuan ikon merek, dan menghasilkan simpulan bahwasannya Kabupaten Purwakarta menentukan city branding sebagai kota pariwisata budaya Sunda atau Purwakarta Pesona Sunda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: City Branding; Pariwisasta; Kabupaten Purwakarta
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nuri Yatul Hikmah
Date Deposited: 13 May 2022 05:56
Last Modified: 13 May 2022 05:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51091

Actions (login required)

View Item View Item