Pengaruh simpanan Wadiah dan Mudharabah Berjangka terhadap total aset pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) ITQAN Bandung Jawa Barat periode tahun 2012-2021

Elsafiani, Elsafiani (2022) Pengaruh simpanan Wadiah dan Mudharabah Berjangka terhadap total aset pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) ITQAN Bandung Jawa Barat periode tahun 2012-2021. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia perkoperasian saat ini dapat terlihat dari perkembangan aset yang terjadi sehingga dapat menjadi koperasi yang lebih unggul, perkembangan aset pada koperasi yang berdasarkan syariah islam ini dengan menghilangkan unsur riba, sehingga ada cara-cara lain yang dapat mempengaruhi dari perkembangan aset perkoperasian yang ada, hal tersebut dengan adanya simpanan wadiah dan mudharabah berjangka. Penulis mencoba meneliti simpanan wadiah dan mudharabah berjangka terhadap total aset dari KSPPS BMT ITQAN Bandung. Penelitian ini dibatasi periodenya dari tahun 2012-2021. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh simpanan wadiah terhadap total aset, pengaruh mudharabah berjangka terhadap total dan pengaruh simpanan wadiah dan mudharabah berjangka terhadap total aset pada KSPPS BMT ITQAN Bandung pada periode tahun 2012-2021. Kerangka teori dalam penelitian ini merupakan langkah berupa model yang menerangkan bagaimana hubungan suatu teori dengan faktor yang penting yang telah diketahui dalam suatu masalah tertentu. Dibuat kerangka berpikir pengaruh simpanan wadiah dan mudharabah berjangka terhadap total aset agar penelitian memberikan gambaran yang jelas dan sistematis. Peneliti dalam melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode deskriftif verifikasi dengan pendekatan kuantitatif, dengan operasionalisasi 2 variabel, yaitu variabel independent meliputi Simpanan Wadiah (X1) dan Mudharabah Berjangka (X2), serta variabel dependent yang di pengaruhi yaitu Total Aset (Y). Data diperoleh dengan studi dokumentasi dan studi pustaka. Untuk mengintresprestasikan maka dugunakan teknis analisis data menggunakan analisis asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis asosiatif, analisis regresi linier sederhana, analisis linier berganda, analisis korelasi person product moment, koefisien determinan, dan analisis uji hopotesis yaitu uji signifikan Uji T (parsial) dan Uji F (simultan). Penelitian ini dapat disimpulkan perkembangan aset di KPPS BMT ITQAN Bandung periode tahun 2012-2021, terlihat bahwa simpanan wadiah berpengaruh positif terhadap total aset dengan koefisien determinasi sebesar 95,3% dan mudharabah berjangka berpengaruh positif tidak signifikan secara parsial dengan nilai koefisien determinasinya sebesar 55,9%, namun secara keseluruhan pengaruh simpanan wadiah dan mudharabah berjangka berpengaruh positif signifikan berdasarkan pada perhitungan koefisien determinasi sebesar 95,8% dengan pengaruh lain nya sebesar 4,2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpanan Wadiah; Mudharabah Berjangka; Total Aset
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Elsafiani Elsafiani
Date Deposited: 13 May 2022 02:28
Last Modified: 13 May 2022 02:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51045

Actions (login required)

View Item View Item