Pemahaman siswa terhadap materi hormat, patuh kepada orang tua dan guru, berempati pada sesama hubungannya dengan kecerdasan emosional mereka di sekolah pada masa pandemi: Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cicalengka Kabupaten Bandung

Martini, Lusyana Rachmat (2022) Pemahaman siswa terhadap materi hormat, patuh kepada orang tua dan guru, berempati pada sesama hubungannya dengan kecerdasan emosional mereka di sekolah pada masa pandemi: Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4__BAB I.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlandaskan dengan studi pendahuluan dimana terdapat siswa yang memiki tingkat kecerdasan emosional yang belum maksimal dikarenakan dampak pandemi Covid-19 yang menjadikan sistem pembelajaran menjadi berubah-ubah, sedangkan terdapat materi yang mampu memberikan stimulus kepada siswa agar bisa memaksimalkan kecerdasan emosional di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. Pengambilan fokus terhadap kecerdasan emosional disebabkan karena sikap sebagian siswa yang kurang mampu mengendalikan dirinya sendiri, sehingga perlu adanya stimulus yang baik berupa pemahaman siswa guna mengembangkan kecerdasan emosional dan mencegah perpecahan baik dengan teman sebaya ataupun dengan guru dan orang tua. Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas pemahaman siswa kelas VII terhadap materi Hormat, Patuh kepada Orang Tua dan Guru, Berempati pada Sesama di SMP Negeri 1 Cicalengka. 2) Realitas Kecerdasan Emosioanal siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Cicalengka. 3) Hubungan_antara pemahaman siswa kelas VII terhadap materi Hormat, Patuh kepada Orang Tua dan Guru juga Berempati pada Sesama dengan kecerdasan emosional mereka di SMP Negeri 1 Cicalengka. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa pemahaman siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan materi antara lain: 1) Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. 2) Berempati kepada sesama berhubungannya dengan kecerdasan emosional mereka di sekolah pada masa pandemi. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara pemahaman siswa kelas VII terhadap materi Hormat, Patuh kepada Orang Tua dan Guru, Berempati pada Sesama (variabel X) dan kecerdasan emosional siswa di sekolah pada masa pandemi (variabel Y). Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Realitas pemahaman siswa kelas VII terhadap materi Hormat, Patuh kepada Orang Tua dan Guru, Berempati pada Sesama di SMP Negeri 1 Cicalengka berkategori sangat baik, 2). Realitas Kecerdasan Emosional siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Cicalengka berkategori baik. 3). Terdapat hubungan antara pemahaman siswa kelas VII terhadap materi Hormat, Patuh kepada Orang Tua dan Guru, Berempati pada Sesama dengan Kecerdasan Emosional dengan koefisien korelasi termasuk pada kategori sedang/cukup. Pengaruh variabel X terdapat variabel Y sebesar 69% dan sisanya 31% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; empati; emosional
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lusyana Rachmat Martini
Date Deposited: 13 May 2022 07:26
Last Modified: 13 May 2022 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51041

Actions (login required)

View Item View Item