Penggunaan media sosial Instagram oleh media daring Beritabaik.id dalam upaya jurnalisme positif

Putricantika, Virliya (2022) Penggunaan media sosial Instagram oleh media daring Beritabaik.id dalam upaya jurnalisme positif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

Beritabaik.id merupakan media online yang memberitakan informasi kepada khalayaknya dengan pendekatan jurnalisme positif. Media yang tergabung dalam peruhaan PT. Warta Milenial Indonesia ini menyebarluaskan informasi dalam skala nasional, dengan memanfaatkan portal berita dan media sosial yang hingga saat ini terus mengalami perkembangan. Hal beda yang disajikan Beritabaik.id dalam menyeberkan informasi yaitu setiap berita disampaikan dengan pendekatan jurnalisme positif. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui penggunaan media sosial Instagram oleh media daring Beritabaik.id dalam penyebaran berita yang menggunakan pendekatan jurnalisme positif dengan mengidentifikasi inovasi, difusi dan adopsi yang telah terjadi. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu Analisa dengan teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Everret M. Rogers. Pemilihan konsep ini dipilih karena pemberitaan menggunakan pendekatan jurnalime positif belum banyaka digunakan oleh media mainstream lainnya sehingga dirasa tepat. Penelitian yang menggunaka metode kualitatif ini menggunakan pradigma konstruktivisme. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan unggahan pada media sosial Instagram Beritabaik.id dijadikan sumber data sekunder. Hasil temuan penggunaan media sosial Instagram Beritabaik.id dalam upaya jurnalisme positif meliputi inovasi Beritabaik.id dalam penyebaran informasi, difusi yang dilakukan melalui media sosial Instagram Beritabaik.id, dan adopsi yang diterima setelah mendapat pemberitaan dengan pendekatan jurnalisme positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Beritabaik.id telah menggunakan media sosial Instagram dalam upaya jurnalisme postif. Namun poin adopsi oleh penerima seperti yang dinyatakan dalam teori difusi inovasi belum diketahui sepenuhnya oleh Beritabaik.id melalui media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Medua Sosial; Instagram; Media Online; Online; Media Daring; Daring; Beritabaik.id; Jurnalisme Positif; Difusi Inovasi
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Virliya Putricantika
Date Deposited: 12 May 2022 07:45
Last Modified: 12 May 2022 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51014

Actions (login required)

View Item View Item