Integrasi kurikulum pendidikan agama Islam dengan kurikulum pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan kepribadian Islami siswa : Penelitian di SMP Plus Al-Aqsha Jatinangor Sumedang dan SMPIT Daarul Qolam Kabupaten Bandung

Mastuhi, Mastuhi (2021) Integrasi kurikulum pendidikan agama Islam dengan kurikulum pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan kepribadian Islami siswa : Penelitian di SMP Plus Al-Aqsha Jatinangor Sumedang dan SMPIT Daarul Qolam Kabupaten Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa sekolah dan pesantren merupakan dua satuan pendidikan yang masing-masing memiliki keunggulan berbeda yang apabila disatukan maka akan lahir pendidikan yang komperehensif dalam melahirkan lulusan yang unggul. Upaya tersebut antara lain dilakukan melalui integrasi kurikulum Pendidikan Agama dengan mata pelajaran lain seperti Pendidikan Kewarganegaraan. Melalui integrasi Kurikulum Pendidikan Agama ke dalam kurikulum mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan siswa memiliki kepribadian islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis: tujuan, substansi kajian, proses implementasi, evaluasi, problematika dan alternatif solusi, serta persamaan dan perbedaan dari dua SMP tersebut dan tingkat keefektifan dari integrasi kurikulum Pendidikan Agama dalam Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kepribadian islami siswa di SMP Plus Al-Aqsha Jatinangor Sumedang dan SMP IT Daarul Qolam Bandung. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods Research, yaitu mengkombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis menggunakan model Interaktif Miles; sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik N-Gain ternormalisasi, uji t dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Tujuan dari integrasi kurikulum Pendidikan agama Islam ke dalam kurikulum mata pelajaran Pendidikan kewarganegaran adalah untuk meningkatkan kepribadian Islami siswa; 2). Substansi Pendidikan Agama Islam yang terintegrasi dengan kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan adalah jujur, tanggungjawab, mandiri, memiliki rasa empati terhadap sesama, disiplin dan konsisten; pekerja keras; komunikatif; bahasa dan perilakunya santun; memiliki sikap peduli; 3). Proses implementasi pembelajaran PKn yang bersubstansikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam disusaikan dengan silabus dan RPP-nya, yakni guru menjelaskan tentang materi PKn yang bernilaikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, dan metode yang akan digunakan, yakni penjelasan, pengarahan, pembiasaan, penciptaan lingkungan, dan latihan/tugas; 4). Evaluasi integrasi kurikulum melalui evaluasi proses dan hasil; 5). Problematika integrasi kurikulum adalah waktu, tenaga, dan dana. Alternatif solusinya dengan menambah jam/waktu; tenaga/pengajar harus ditingkatkan kualitasnya melalui pelatihan, seminar, dan sebagainya 6). Perbandingan di dua SMP tersebut adalah sama-sama mengusung kurikulum integratif tetapi di SMP Plus Al-Aqsha lebih tinggi hasil penilaian anak-anaknya walaupun tidak signifikan dibanding dengan di SMPIT Daarul Qolam karena di SMP Plus Al-Aqsha pembelajarannya berfokus kepada pembiasaan dan ketauladanan,; dan 7). Kurikulum integrasi ini efektif dalam meningkatkan kepribadian Islami siswa.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Integrasi Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan; Kepribadian Islami; Siswa
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 12 May 2022 07:20
Last Modified: 12 May 2022 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51007

Actions (login required)

View Item View Item