Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak: Penelitian pada siswa kelas XII MAN 1 Garut

Hapriadi, Yusa Farhan (2022) Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak: Penelitian pada siswa kelas XII MAN 1 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (3).pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya self regulated learning pada diri siswa dimana banyak siswa yang masih tidak sadar akan fungsi dan peranannya sebagai pembelajar dan kurang bisa memanfaatkan potensi dan kemampuan belajarnya untuk mencapai tujuan belajar. Tentunya hal itu akan berpengaruh terhadap prestasi belajar kedepannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi self regulated learning terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas XII MAN 1 Garut dengan rumusan sebagai berikut; 1) Untuk mengetahui implementasi self regulated learning siswa kelas XII di MAN 1 Garut; 2) Untuk mengetahui prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas XII di MAN 1 Garut; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas XII di MAN 1 Garut. Penelitian ini bertolah bahwa pada dasarnya self regulated learning merupakan sebuah konsep yang dimana seorang siswa menjadi regulator atau menjadi pengatur dalam belajarnya. Konsep ini menekankan kepada usaha siswa untuk dapat mengembangkan kemampuannya supaya memiliki kecakapan untuk dapat bersosialisasi dengan orang lain sebagai salah satu usaha mencapai tujuan belajar dan sikap yang demokratis serta toleran dalam realitas sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metodenya menggunakan metode korelasi dengan jenis penelitian applied research. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berasal dari populasi dan sampel, juga sumber data sekunder sebagai sumber pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis validitas dan reliabilitas, anilisis korelasi dan analisis hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi self regulated learning siswa kelas XII MAN 1 Garut tergolong kedalam ketegori tinggi dengan skor rata-rata 71,1 yang berada pada interval 60-79. 2) Prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas XII MAN 1 Garut tergolong kedalam kategori sedang dengan skor rata-rata 75,90 berada pada interval 70-80. 3) Analisis pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas XII MAN 1 Garut menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif self regulated learning terhadap prestasi belajar akidah akhlak dengan korelasi hubungan variabel X terhadap variabel Y tergolong kedalam kategori cukup/sedang, dan diperoleh nilai R2 = 0,133= 13% ini berarti variabel bebas self regulated learning mempengaruhi variabel terikat prestasi belajar akidah akhlak sebesar 13%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self; Regulated; Learning; Prestasi; Belajar
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusa Farhan Hapriadi
Date Deposited: 13 May 2022 07:58
Last Modified: 13 May 2022 08:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50994

Actions (login required)

View Item View Item